Rabu 23 Aug 2023 07:51 WIB

Hasil Foto di iPhone Terlihat Buram? Coba Cek Pengaturan Ini

Berbagai fitur iPhone bisa membantu pengguna mendapatkan foto yang berkualitas.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Natalia Endah Hapsari
Pada iPhone X, iPhone XR dan varian iPhone yang lebih baru, pengaturan Prioritize Faster Shooting memodifikasi bagaimana gambar diproses. /ilustrasi
Foto: AP Photo/Rafiq Maqbool
Pada iPhone X, iPhone XR dan varian iPhone yang lebih baru, pengaturan Prioritize Faster Shooting memodifikasi bagaimana gambar diproses. /ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Apple telah menambahkan berbagai fitur pada iPhone untuk membantu pengguna mendapatkan hasil foto yang berkualitas. Namun, mengaktifkan suatu opsi di pengaturan, bisa menjadi penyebab dari hasil foto yang tidak sesuai harapan.

Opsi yang dimaksud ada di pengaturan Camera dan disebut "Prioritize Faster Shooting". Ketika opsi ini diaktifkan, pengguna dapat memotret dengan sangat bagus untuk foto-foto yang cepat, tetapi mengurangi kualitas foto lainnya.

Baca Juga

Fitur ini diaktifkan secara default, sehingga banyak dari pengguna iPhone tidak menyadarinya. Pengguna dapat menonaktifkan fitur ini dengan masuk ke Pengaturan/Settings > Camera > non-aktifkan opsi Prioritize Faster Shooting.

Pada iPhone X, iPhone XR dan varian iPhone yang lebih baru, pengaturan Prioritize Faster Shooting memodifikasi bagaimana gambar diproses. Ini memungkinkan pengguna untuk mengambil lebih banyak foto ketika mengetuk tombol Rana dengan cepat.

Opsi ini juga hanya tersedia pada perangkat dengan iOS 13. Dan jika opsi "Prioritize Faster Shooting" diaktifkan, maka akan mengorbankan kualitas foto demi kecepatan, dan biasanya menghasilkan gambar yang lebih buram.

Sementara itu, beberapa pekan lagi Apple akan meluncurkan iPhone 15, yang disebut-sebut memiliki teknologi kamera yang lebih baik. Sebuah laporan pada tahun 2022 mengungkap bahwa kini 90 persen orang telah mengambil foto dengan ponselnya. Ini berarti, kualitas kamera berada di urutan teratas dalam daftar, dan Apple sangat menyadarinya.

Menurut pakar industri dari Wedbush Securities, Dan Ives, Apple kemungkinan akan meningkatkan 20 hingga 30 persen kualitas kamera iPhone 15 dibanding iPhone 14. "Ini kemungkinan akan mencakup megapiksel dan kemampuan lain seputar foto yang bahkan tidak terbayangkan dengan iPhone 14," kata Ives seperti dilansir Daily Mail, Rabu (23/8/2023).

iPhone 15 diperkirakan akan menampilkan pengaturan kamera dual-sensor yang sama, tetapi juga dapat menampilkan sensor utama 48MP yang disertakan dalam iPhone 14 Pro dan iPhone Pro Max. Prediksi ini dibuat oleh analis Jeff Pu, yang juga merupakan pakar Apple terkemuka.

Sementara itu, iPhone 15 Pro bisa jadi memiliki lensa periskop yang telah lama dirumorkan. Dengan fitur itu, iPhone 15 Pro bakal memiliki kemampuan seperti kamera DSLR.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement