Selasa 22 Aug 2023 18:20 WIB

Percepat Transformasi Ekonomi Digital, Huawei Gandeng Pemkot Solo

Konektivitas tinggi penting untuk merespon perkembangan teknologi informasi.

Rep: Muhammad Noor Alfian Choir/ Red: Gita Amanda
Huawei menggandeng pemerintah kota (Pemkot) Solo untuk membangun infrastruktur teknologi komunikasi dan informasi bertajuk Giga City, (ilustrasi).
Foto: Budrul Chukrut/SOPA Images
Huawei menggandeng pemerintah kota (Pemkot) Solo untuk membangun infrastruktur teknologi komunikasi dan informasi bertajuk Giga City, (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Huawei menggandeng pemerintah kota (Pemkot) Solo untuk membangun infrastruktur teknologi komunikasi dan informasi bertajuk Giga City untuk menunjang percepatan transformasi ekonomi digital. 

CEO of Huawei Indonesia, Guo Hailong mengatakan kerja sama tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepakatan antara Huawei dengan Pemkot Solo."Penandatanganan MoU dan Moe antara Kota Solo dan Huawei menandai tonggak sejarah baru bagi pengembangan infrastruktur Solo Giga City," katanya, Selasa (21/8/2023) lalu.

Baca Juga

"Pada tahap selanjutnya kita akan bersama mendorong STP dalam penggunaan teknologi melalui solusi-solusi berstandar Global terbaru dan termutakhir untuk mewujudkan transformasi ekonomi digital," katanya. 

Pihaknya menjelaskan konektivitas tinggi penting untuk merespon perkembangan teknologi informasi. Tentunya juga untuk menumbuhkan transformasi digital. Kota Solo juga bisa menjadi salah satu contoh bagi daerah lainnya. 

"Dengan peran popularitas aplikasi teknologi informasi seperti 8K, VR, ER dan lain lain, kebutuhan akan konektivitas yang berkualitas tinggi dari berbagai industri tumbuh secara dramatis, kota menjadi lebih cerdas terhubung, Jaringan yang berkualitas ini tentunya akan membantu transformasi ekonomi digital," katanya. 

"Kami berharap melalui pengembangan konektivitas berbasis O fiber STP bisa menjadi contoh inisiatif bagi kota-kota lain di Indonesia. Hal ini dapat membawa Kota Solo untuk semakin memiliki daya saing Global melalui Inovasi dan teknologi, STP dapat menjadi tempat pelatihan bagi UMKM dan para wirausahawan muda yang akan membawa dampak positif bagi kota Solo dengan semua baik UMKM maupun para wirausahawan bisa turut dorong ekonomi digital," katanya menambahkan. 

Sementara itu, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming mengapresiasi adanya kerja sama tersebut. Mengingat Solo Techno Park sebelumnya sudah lama mati suri. "Ini realisasi pertemuan sebelumnya di Balaikota Solo. Solo Techno Park kita pengen hidupkan lagi, kita bawa banyak partner kesini. Hari ini kita bawa Huawei, harapannya bisa memberikan kontribusi yang lebih untuk kemajuan di Teknopark dan Kota Solo," katanya mengakhiri. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement