Senin 21 Aug 2023 10:10 WIB

Fitur Pesan Suara Hadir untuk Instagram Notes, Seperti Apa?

Pengguna segera dapat menambahkan pesan suara ke Instagram Notes.

Rep: Santi Sopia/ Red: Natalia Endah Hapsari
Kini Instagram menghadirkan fitur baru, yaitu pesan suara yang bisa ditambahkan pengguna ke Instagram Notes./ilustrasi
Foto: AP Photo/Jenny Kane
Kini Instagram menghadirkan fitur baru, yaitu pesan suara yang bisa ditambahkan pengguna ke Instagram Notes./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Pemanfaatan Instagram Notes (Catatan) mulai menjadi populer bagi para pemilik akun Instagram. Fitur Catatan yang didesain pada menu Direct Message (DM) ini berguna untuk meninggalkan catatan kecil dari pengguna dan bisa dibagikan kepada pengikut maupun teman dekat.

Kini Instagram menghadirkan fitur baru, yaitu pesan suara yang bisa ditambahkan pengguna ke fitur Catatan. Saat pengguna ingin membagikan pemikiran mereka dengan suara tetapi juga tidak punya waktu untuk melakukan panggilan telepon, pesan audio bisa menjadi solusi yang tepat. 

Baca Juga

Pengguna bisa mengandalkan fitur ini sebagai bentuk komunikasi utama dengan teman dan keluarga. Mereka juga akan segera dapat berbagi pesan audio dengan seluruh pengikut Instagram.

Pada siaran Instagram, kepala Instagram Adam Mosseri mengonfirmasi bahwa perusahaan sedang mengerjakan fitur catatan audio yang memungkinkan pengguna berbagi pesan suara melalui Notes dengan pengikut mereka.

"Kami belum mulai menguji apa pun secara publik, tetapi kami sedang mengerjakan kemampuan untuk membuat catatan audio untuk dibagikan dengan teman Anda," kata Mosseri dalam siaran tersebut, menurut laporan, seperti dikutip dari Zdnet, Senin (21/8/2023).

Desember lalu, Instagram meluncurkan fitur Catatan di mana pengguna dapat membagikan catatan 60 karakter yang ditampilkan sebagai gelembung di bagian atas tab pesan langsung di samping profil pengguna yang dihapus setelah 24 jam.

Kemudian baru-baru ini di bulan Juni, Instagram menambahkan opsi untuk menambahkan musik ke Notes. Sejak saat itu, fitur tersebut telah menjadi cara untuk berbagi pemikiran atau lagu cepat dengan pengikut yang tidak ingin mengunggah postingan visual mereka sendiri di Stories atau postingan grid.

Fiturnya menyerupai pembaruan status yang ditemukan di AIM atau MySpace, jadi beberapa daya tarik Notes terletak pada nostalgia. Fitur ini juga memanfaatkan keinginan pengguna yang lebih muda untuk memposting pembaruan langsung setiap saat, termasuk pemikiran acak singkat.

Menurut laporan, Meta membagikan bahwa lebih dari 100 juta akun remaja menggunakan fitur Note dalam 90 hari terakhir, menunjukkan betapa populernya fitur tersebut dengan audiens yang lebih muda. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement