Jumat 18 Aug 2023 17:47 WIB

Aplikasi X Dikabarkan Siapkan Fitur Verifikasi ID Cegah Peniruan Identitas

Fitur X tambahan ini mengharuskan pengguna mengunggah salinan KTP.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Qommarria Rostanti
Logo aplikasi X. Aplikasi X dikabarkan sedang menyiapkan fitur verfikasi ID untuk mencegah peniruan identitas.
Foto: EPA-EFE/ETIENNE LAURENT
Logo aplikasi X. Aplikasi X dikabarkan sedang menyiapkan fitur verfikasi ID untuk mencegah peniruan identitas.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aplikasi X (dulu bernama Twitter) tampaknya sedang mengerjakan fitur verifikasi ID baru beberapa bulan setelah peniruan identitas yang merajalela untuk menggagalkan rencana verifikasi berbayar perusahaan. Menurut tangkapan layar yang dibagikan oleh peneliti aplikasi Nima Owji, fitur verifikasi tambahan ini nantinya mengharuskan pengguna untuk mengunggah salinan KTP mereka dan mengambil foto selfie.

Owji yang sering mengungkap fitur yang belum dirilis di X, pertama kali melihat lencana "ID terverifikasi" di profil Musk pada awal bulan ini. Sekarang, dia menemukan pesan dalam aplikasi yang merinci cara kerjanya, menunjukkan bahwa itu mungkin semakin dekat dengan peluncuran resmi. 

Baca Juga

"Verifikasi akun Anda dengan memberikan ID yang dikeluarkan pemerintah. Ini biasanya memakan waktu sekitar lima menit," katanya, dikutip dari Engadget, Jumat (18/8/2023).

Tampaknya, X bermitra dengan perusahaan kecerdasan identitas pihak ketiga Au10tix pada fitur tersebut. Catatan halus mengungkapkan informasi yang dibagikan untuk verifikasi akan dilihat oleh Au10tix dan X. X akan menyimpan gambar ID, termasuk data biometrik, hingga 30 hari dan akan menggunakan informasi untuk keselamatan dan keamanan, termasuk mencegah peniruan identitas.

Perwakilan Au10tix tidak segera menanggapi permintaan komentar. Situs web perusahaan mengiklankan verifikasi delapan detik tanpa keterlibatan sebagian manusia dan teknologi pertama yang mendeteksi pola penipuan sintetis secara global. Perusahaan mengatakan sebelumnya bekerja dengan perusahaan seperti Google, PayPal dan Uber.

Fitur baru menunjukkan perusahaan sedang mencari cara baru untuk memerangi peniruan identitas di platform. Saat ini, X menawarkan status terverifikasi kepada siapa pun yang membayar langganan X Premium (sebelumnya dikenal sebagai Twitter Blue).

Perusahaan tidak melakukan pemeriksaan identitasnya sendiri, meskipun telah menerapkan beberapa perlindungan, seperti fitur organisasi terverifikasi. Namun, beberapa peniru masih berhasil lolos. 

Verifikasi juga telah dieksploitasi oleh banyak scammer, terutama scammer kripto yang menggunakan visibilitas tambahan yang disertakan dengan langganan premium X untuk meningkatkan postingan mereka. Tidak jelas apakah menambahkan pemeriksaan identitas opsional akan menyelesaikan masalah ini sepenuhnya, tetapi ini dapat membuat beberapa scammer dan peniru identitas sedikit lebih mudah untuk diidentifikasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement