Rabu 16 Aug 2023 15:10 WIB

Bukan Twitter, Ini Pesaing Threads yang Sesungguhnya

Jumlah penggunaThreads setiap hari berkisar sekitar 10 juta di ponsel Android.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Natalia Endah Hapsari
Tantangan terbesar Threads adalah dapat menemukan identitas unik di luar alternatif Twitter dan di luar perluasan Instagram./ilustrasi
Foto: EPA-EFE/ETIENNE LAURENT
Tantangan terbesar Threads adalah dapat menemukan identitas unik di luar alternatif Twitter dan di luar perluasan Instagram./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Threads sempat dianggap sebagai ‘pembunuh Twitter’. Namun, pada pekan kedua setelah peluncurannya, pendaftaran pun mulai menurun. Menurut firma riset SimilarWeb, pada 7 Agustus 2023, jumlah orang yang menggunakan Threads setiap hari berkisar sekitar 10 juta di ponsel Android, turun dari 49 juta saat diluncurkan sebulan sebelumnya.

Apakah popularitas Threads oleh Mark Zuckerberg ini hanya terjadi dalam sekejap saja? Itu semua tergantung pada apakah Threads dapat bertahan melawan saingan terbesarnya, bukan X (dulunya Twitter, tetapi adalah TikTok.

Baca Juga

“Mark Zuckerberg mungkin untuk sementara terganggu dalam pertarungannya dengan Elon Musk, tetapi pertempuran sesungguhnya untuk Meta adalah dengan TikTok. Dan Zuckerberg masih benar-benar perlu menjaga punggungnya,” kata analis Insider Intelligence, Jasmine Enberg.

Benar bahwa sebelum TikTok mengambil alih peran sentral raksasa digital dan ‘pencetus tren’, dikatakan Enberg, peran itu dipegang oleh Twitter. Tetapi banyak dari tren terbesar sekarang datang dari orang-orang yang tumbuh dewasa di era TikTok, Gen Z dan bahkan anak-anak dan remaja yang lebih muda.

Dan seperti halnya Facebook yang kolot, menurut data dari Pew Research Center, penggunaan Twitter juga menurun di kalangan remaja. Dengan demikian, platform media sosial berbasis teks mungkin tidak terlalu menarik bagi generasi TikTok, di mana tarian, tip makeup, resep aneh (belum lagi seluruh gagasan influencer) menyebar melalui video daripada kata-kata tertulis.

Dilansir dari Japan Today, Rabu (16/8/2023), Enberg mengatakan terlepas dari formatnya, tantangan terbesar Threads adalah dapat menemukan identitas unik di luar alternatif Twitter dan di luar perluasan Instagram.

Untuk saat ini, Threads masih tidak jelas identitasnya. Aplikasi ini mengumpulkan basis pengguna awal yang sangat besar, termasuk selebritas dan perusahaan terkenal, justru karena ini merupakan perluasan dari Instagram. Untuk mendaftar Threads, pengguna hanya memerlukan akun Instagram, dan mudah untuk beralih di antara keduanya.

Instagram memiliki lebih dari satu miliar pengguna bahkan menurut beberapa perkiraan mendekati 2 miliar, dan aplikasi itu telah memikat pengguna untuk beralih ke Threads dengan notifikasi yang bisa digabungkan dengan teman pengguna di Instagram.

Pertanyaannya adalah, apa yang harus dilakukan setelah Threads aktif? Sejauh ini, basis pengguna Threads mirip dengan Instagram, dan akun terkemuka dapat muncul di timeline (selebriti, politisi, organisasi berita, influencer, dan sejenisnya). Lebih sulit untuk menemukan kiriman asli dari orang biasa, kecuali jika sudah terkoneksi dengan pengikut Instagram.

Jika mendaftar tanpa menghubungkan akun Instagram, dan membuatnya hanya untuk bisa bergabung dengan Threads, pengalaman itu bisa terasa impersonal dan steril karena aplikasi mengarahkan pengguna untuk mengikuti akun besar dan populer yang juga diikuti semua orang.

Sementara banyak selebritas internet populer bergegas mendaftar ke Threads dan dengan cepat mengumpulkan banyak pengikut, tidak jelas berapa banyak dari mereka yang kembali secara teratur.

MrBeast, seorang YouTuber populer yang bernama asli Jimmy Donaldson, memiliki 5 juta pengikut di aplikasi tersebut. Tetapi dia belum mengunggah apapun dalam dua pekan, meskipun dia telah mengunggah beberapa konten TikTok, tweet (atau posting di situs yang sekarang disebut X) dan video 18 menit di YouTube, di mana dia memiliki 175 juta pelanggan.

Zuckerberg, dalam konferensi pers baru-baru ini, mengatakan dia optimis pada Threads, tetapi mengakui ada banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk membuatnya mencapai potensi penuhnya. “Ada anomali aneh di industri teknologi bahwa belum ada aplikasi untuk diskusi publik seperti ini yang telah menjangkau 1 miliar orang. Ketika saya melihat semua pengalaman sosial yang berbeda, sepertinya harus ada yang seperti ini,” kata dia.

Mungkin begitu, tapi tidak jelas itu adalah Threads. Seperti yang diakui Zuckerberg selama kesempatan yang sama, Meta telah mencoba banyak pengalaman mandiri dari waktu ke waktu, tetapi secara umum, itu tidak terlalu berhasil.

Ada Facebook, pasti. Tetapi perusahaan membeli Instagram dan WhatsApp, dua aplikasi sukses lainnya. Yang terbesar mungkin adalah Messenger, tetapi bahkan itu dimulai sebagai layanan di dalam Facebook sebelum diluncurkan sebagai aplikasi terpisah. “(Sungguh) luar biasa bahwa kami mendapat kesempatan untuk mengerjakan ini, dan saya sangat optimis dengan posisi kami saat ini. Tapi itu akan menjadi jalan panjang ke depan,” kata Zuckerberg.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement