Senin 14 Aug 2023 19:37 WIB

Apple Diprediksi Hadirkan Varian RAM 8GB untuk iPhone 15

Apple akan meluncurkan seri iPhone 15 pada pertengahan September 2023.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Apple diprediksi akan menghadirkan varian iPhone 15 dengan ukuran RAM 8GB untuk pertama kalinya
Foto: dok GizChina
Apple diprediksi akan menghadirkan varian iPhone 15 dengan ukuran RAM 8GB untuk pertama kalinya

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Apple akan meluncurkan seri iPhone 15 pada pertengahan September 2023. Seri ini diprediksi akan menghadirkan varian iPhone dengan ukuran RAM 8 GB untuk pertama kalinya.

Rangkaian ponsel iPhone selalu menggunakan RAM 6 GB sejak perilisan iPhone 12 Pro hingga saat ini. RAM 6 GB dinilai cukup memenuhi kebutuhan para pengguna iPhone berkat optimasi end-to-end vertikal dan horizontalnya.

Baca Juga

Akan tetapi, kehadiran seri iPhone 15 mungkin akan membuat perubahan besar dengan menghadirkan RAM 8GB. Seperti diketahui, varian iPhone 15 Pro dan Pro Max akan dibekali dengan chipset Apple A17 Bionic. Sedangkan varian non-pro dari iPhone 15 akan dimotori oleh chipset A16.

Menurut informasi yang diperoleh pengguna X @URedditor, chipset A17 Bionic telah dites menggunakan RAM 6 GB dan RAM 8 GB. Pengetesan ini dilakukan pada model iPhone 15 Pro dan iPhone Pro Max.

Dari informasi inilah, muncul dugaan bahwa seri iPhone 15 mungkin akan menghadirkan varian dengan RAM 8 GB. RAM 8 GB mungkin akan disematkan pada varian iPhone 15 Pro dan Pro Max yang memiliki kapasitas penyimpanan internal lebih tinggi.

Seperti dilansir GSMArena, Senin (14/8/2023), informasi ini masih sekadar spekulasi belaka. Seperti diketahui, Apple biasanya akan merilis kapasitas RAM yang sama untuk suatu seri ponsel, terutama pada seri Pro.

Akan tetapi, bukan tidak mungkin bila Apple akan mengikuti jejak ponsel-ponsel Android yang kerap menyesuaikan ukuran RAM dengan ukuran kapasitas penyimpanan internal. Pada ponsel-ponsel Android, ponsel dengan kapasitas penyimpanan internal yang lebih besar sering kali dikombinasikan dengan RAM yang juga lebih besar, meski ponsel tersebut berasal dari seri yang sama.

Seri iPhone 15 diprediksi akan rilis pada 12 atau 13 September 2023. Seperti seri-seri iPhone sebelumnya, seri iPhone 15 kemungkinan besar akan menghadirkan empat varian yaitu iPhone 15, iPhone 15 Plus, iPhone 15 Pro, dan iPhone 15 Pro Max.

Dua dari varian tersebut dikabarkan akan memiliki ukuran layar yang lebih kecil, yaitu 6,1 inci. Sedangkan dua varian lainnya kemungkinan akan memiliki ukuran layar yang lebih besar, yaitu 6,7 inci.

Varian iPhone 15 tampaknya akan memiliki ukuran layar 6,1 inci, dua kamera belakang, dan harga jual yang paling murah di antara varian lainnya. Di sisi lain iPhone 15 Plus diprediksi akan memiliki ukuran layar 6,7 inci, daya baterai yang lebih besar, serta harga yang lebih mahal, namun masih memiliki dua kamera belakang.

Pada model Pro, iPhone 15 Pro diprediksi akan memiliki ukuran layar 6,1 inci dengan tiga kamera belakang. Sedangkan, harga tertinggi akan disematkan pada iPhone 15 Pro Max, yaitu varian iPhone pertama yang akan disertai dengan kamera 5X-6X periscope zoom

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement