Ahad 13 Aug 2023 18:53 WIB

Butuh Foto Profesional untuk LinkedIn? Manfaatkan AI Ini

Tidak semua foto cocok untuk aplikasi profesional seperti LinkedIn.

Rep: Santi Sopia/ Red: Natalia Endah Hapsari
Foto profesional yang sesuai di aplikasi seperti LinkedIn dapat diperoleh dengan bantuan teknologi kecerdasan buatan (AI).
Foto: EPA
Foto profesional yang sesuai di aplikasi seperti LinkedIn dapat diperoleh dengan bantuan teknologi kecerdasan buatan (AI).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Seseorang mungkin memiliki banyak foto di galeri ponsel, baik itu swafoto, groupfies, dan foto candid. Akan tetapi tidak semua foto tersebut bisa cocok untuk aplikasi profesional seperti LinkedIn. Mengambil foto profesional juga bisa menjadi tantangan bagi sebagian orang. Di saat itulah generator gambar kecerdasan buatan (AI) dapat membantu.

Generator gambar profil AI menjadi lebih mudah diakses dan terjangkau sejak Lensa, aplikasi yang membuat potret realistis dari selfie, diluncurkan beberapa bulan lalu. Sekarang, pengguna bahkan dapat menghasilkan banyak avatar AI tanpa mengeluarkan uang sepeser pun dan memiliki stok yang akan bertahan selama berbulan-bulan. 

Baca Juga

Ada aplikasi yang disebut Remini, untuk membantu menjadikan foto di LinkedIn terlihat lebih profesional. Berikut ulasannya, seperti dilansir dari Indian Express, Ahad (13/8/2023).

Remini adalah aplikasi yang telah menggunakan AI untuk memulihkan foto lama selama beberapa tahun. Pengguna dapat mengunggah foto vintage dan kemudian aplikasi akan meningkatkan kualitas berikut resolusinya. 

Baru-baru ini, Remini memutuskan untuk menguji tren generator gambar AI dan menambahkan fitur baru yang memungkinkan pengguna menghasilkan avatar AI seperti profesional yang dapat mereka gunakan sebagai gambar profil di berbagai platform. Mari kita lihat cara kerjanya.

Generasi avatar AI Remini tidak sepenuhnya gratis, tetapi pengguna masih dapat  memanfaatkan uji coba menggunakan langkah-langkah di bawah ini.

1. Unduh aplikasi Remini, yang tersedia di iOS dan Android, dan luncurkan.

2. Pengguna akan melihat tombol Mulai mengetuk yang akan mengarahkan ke halaman berlangganan.

3. Meskipun ada biaya langganan, Anda tidak akan diminta untuk segera membayar jumlah tersebut.

4. Atur pembayaran otomatis menggunakan metode UPI untuk mendapatkan akses ke fitur pembuatan avatar AI Remini. Anda mungkin diminta membayar biaya untuk menyiapkan pembayaran otomatis, tetapi itu akan dikembalikan dalam beberapa menit.

5. Setelah selesai, Anda akan dibawa ke layar beranda aplikasi Remini.

6. Di bagian bawah, Anda akan melihat tab Foto AI. Ketuk dan atur Profil AI Anda dengan mengunggah 8 selfie. Cobalah mengunggah gambar yang diambil dalam kondisi pencahayaan yang baik tanpa ada orang lain di sekitar Anda.

7. Lanjutkan dengan proses pembuatan gambar. Ini mungkin memakan waktu cukup lama.

8. Setelah selesai, Anda akan melihat enam varian foto berbeda. Pilih salah satu yang terlihat paling profesional untuk Anda. 

Jika ingin membatalkan langganan, Anda dapat melakukannya dari tab Pembayaran dan langganan Google Play Store.

 

Remini bukan satu-satunya pilihan. Tentu saja, ada alternatif selain Remini yang patut dicoba seperti berikut ini.

1. Fotor, yang tersedia di perangkat seluler dan desktop, menghasilkan beragam avatar mulai dari kartun hingga gaya realistis secara gratis. 

2. Dawn AI adalah aplikasi lain yang dapat dipakai dengan cara pengguna mengunggah pilihan 8 hingga 12 swafoto dan dengan cepat mendapatkan satu set avatar AI yang unik.

3. Generator avatar AI PicsArt juga merupakan alat luar biasa yang dapat Anda gunakan, meskipun memerlukan langganan premium platform. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement