Selasa 08 Aug 2023 13:28 WIB

Masih Pakai iPhone Seri Ini? Lebih Baik Buru-buru Dijual

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat akan menjual iPhone.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Natalia Endah Hapsari
Dengan rilis sistem operasi iOS 17 yang hanya tinggal beberapa pekan, beberapa seri iPhone yang lebih lama diprediksi akan mengalami penurunan nilai secara besar-besaran.
Foto: Appleinsider
Dengan rilis sistem operasi iOS 17 yang hanya tinggal beberapa pekan, beberapa seri iPhone yang lebih lama diprediksi akan mengalami penurunan nilai secara besar-besaran.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dengan rilis sistem operasi iOS 17 yang hanya tinggal beberapa pekan, beberapa seri iPhone yang lebih lama diprediksi akan mengalami penurunan nilai secara besar-besaran.

Itu karena iOS 17 tidak bisa dioperasikan di sejumlah seri iPhone lama. Tanpa pembaruan iOS 17, pengguna tidak bisa mendapatkan akses ke fitur-fitur baru yang keren seperti mode StandBy, Live Sticker, atau NameDrop. Jika berpikir untuk mendapatkan ponsel iPhone yang kompatibel dengan iOS 17, sekaranglah saat yang tepat. Menjualnya sekarang membuat pengguna masih bisa mendapat harga yang layak. 

Baca Juga

Dilansir laman Mirror, Selasa (8/8/2023), beberapa seri yang tidak dapat meng-install iOS 17 itu antara lain iPhone 8, iPhone 8 Plus, iPhone X, juga beberapa model iPhone SE. Pada Juni 2023, dilaporkan bahwa nilai tukar tambah dari sejumlah ponsel itu diperkirakan akan turun sebanyak 50 persen pada saat iOS 17 dirilis September mendatang. Secara bertahap, ini sudah mulai terjadi. 

Sebut saja iPhone X yang harganya 999 poundsterling (Rp 19 jutaan) saat dirilis. Tahun lalu, iPhone X second masih bisa dijual seharga 200 hingga 300 poundsterling (sekitar Rp 3,8 juta sampai Rp 5,8 juta). Namun, nilainya terus turun dan kini hanya laku 120 poundsterling (Rp 2,3 juta) di situs jual beli seperti Music Magpie atau di situs tukar tambah resmi Apple. 

Mengingat kehadiran iOS 17 di depan mata dan  peluncuran sejumlah iPhone baru, bulan ini adalah kesempatan terakhir untuk menjualnya sebelum harga turun lebih jauh. Jika terus dipakai pun tidak efektif, sebab ponsel yang tidak kompatibel dengan iOS 17 tidak akan mendapatkan pembaruan keamanan.

Menurut pakar ponsel dari SellCell, kondisi itu membuat data di ponsel lebih berisiko diserang oleh peretas setelah versi iOS baru diluncurkan ke publik. "Ini bisa menjadi bencana bagi pemilik iPhone X atau iPhone 8, yang akan melihat nilai handset mereka anjlok," kata pakar tersebut. 

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat akan menjual iPhone. Pemilik ponsel perlu membandingkan nilai tukar tambah di berbagai situs. Tergantung tempat menjualnya, jumlah uang yang didapat bisa berbeda. Itu bisa berupa uang tunai atau kredit tukar tambah yang bisa dibelanjakan untuk membeli perangkat lain.

Situs seperti CompareMyMobile bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan nilai pembayaran terbaik.  Hal lain yang wajib dilakukan adalah menghapus semua data pribadi sebelum menjual ponsel. Lakukan pengaturan ulang ke setelan pabrik setelah mencadangkan teks, foto, atau berkas penting untuk mencegah informasi pribadi jatuh ke tangan yang salah.   

Ada baiknya menjaga ponsel tetap dengan kondisi prima untuk nilai optimal. Bagaimanapun, nilai penjualan atau nilai tukar tambah sangat bergantung pada kondisi perangkat. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement