Kamis 03 Aug 2023 13:22 WIB

Rahasia di Balik Tombol Volume iPhone, Mau Coba?

Tombol ini bukan sekadar mengatur volume suara.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Apple juga menyematkan sejumlah fitur rahasia yang bisa diakses melalui tombol volume./ilustrasi
Foto: dok Cnet
Apple juga menyematkan sejumlah fitur rahasia yang bisa diakses melalui tombol volume./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Setiap ponsel iPhone dilengkapi dengan tombol volume pada sisi samping body ponsel. Tombol ini ternyata memiliki fungsi yang lebih banyak dari sekadar mengatur volume suara. Tombol volume pada iPhone memang kerap dimanfaatkan oleh pengembang pihak ketiga untuk mengoperasikan aplikasi yang mereka kembangkan. 

Dalam aplikasi permainan misalnya, tombol volume sering kali digunakan sebagai tombol pengontrol mini saat pengguna bermain.Selain dimanfaatkan oleh pengembang pihak ketiga, Apple juga menyematkan sejumlah fitur "rahasia" yang bisa diakses melalui tombol volume. Berikut ini adalah sejumlah fitur tersebut, seperti dilansir Mail Online pada Kamis (3/8/2023).

Baca Juga

Mengambil Foto

Fitur ini bisa digunakan dengan cara membuka aplikasi kamera terlebih dahulu. Setelah itu, arahkan kamera pada objek yang ingin difoto. Kemudian, tekan tombol volume atas atau bawah untuk mengabadikan objek tersebut menjadi foto. Tombol volume bisa digunakan untuk mengambil foto portrait, foto biasa, dan foto dengan mode panorama dengan kamera belakang.

 

Mengirim Pesan SOS

Apple memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan singkat dalam situasi darurat, meski tak ada jaringan seluler yang tersedia. Untuk mengirim pesan darurat, pengguna iPhone dapat menekan tombol power bersamaan dengan salah satu tombol volume. Trik ini akan mengirimkan pesan darurat secara otomatis kepada layanan darurat dan kontak yang terdaftar sebagai kontak darurat.

 

Merekam Video

Seperti halnya mengambil foto, pengguna iPhone juga dapat merekam video dengan menggunakan tombol volume. Caranya, pengguna dapat membuka aplikasi kamera terlebih dahulu, lalu geser fitur foto menjadi fitur video. Selanjutnya, cukup tekan tombol volume atas atau bawah untuk memulai dan menghentikan perekaman video.

 

Memindai Dokumen

Banyak pengguna iPhone yang belum mengetahui bahwa ponsel mereka telah dilengkapi dengan fitur pemindai dokumen. Fitur ini dapat dioperasikan dengan tombol volume.Untuk menggunakan fitur ini, pengguna dapat membuka aplikasi kamera terlebih dahulu, lalu tekan tombol volume untuk mengambil foto dokumen yang ingin dipindai.Cara lainnya, setelah aplikasi kamera terbuka, pengguna dapat memilih fitur Shutter. Berikutnya, atur area dokumen yang ingin dipindai, setelah itu pilih Keep Scan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement