Rabu 02 Aug 2023 07:18 WIB

Beli HP Bekas Jangan Cuma Lihat Fisik, Berikut Cara Cek IMEI

Konsumen bisa mengecek IMEI belalui berbagai situs.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Natalia Endah Hapsari
Penjual melayani pembelian telepon seluler (ponsel). Ketika membeli ponsel pastikan memiliki IMEI/ilustrasi
Foto: Antara/Risky Andrianto
Penjual melayani pembelian telepon seluler (ponsel). Ketika membeli ponsel pastikan memiliki IMEI/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Bareskrim Polri dan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mengungkapkan kasus Nomor International Mobile Equipment Identity (IMEI) ilegal.

Sebanyak 191 ribu ponsel teramcam diblokir karena IMEI-nya terdaftar secara ilegal dan tanpa verifikasi. Dari jumlah itu, sebanyak 176 ribu unit merupakan iPhone.IMEI merupakan sejenis nomor identitas untuk sebuah ponsel.

Baca Juga

IMEI terdiri dari 15 digit, yang salah satu nomor serinya berisi informasi tipe ponsel. Lalu, bagaimana agar tidak tertipu membeli ponsel, khususnya iPhone, bekas atau yang harganya jauh lebih murah? Konsumen disarankan harus cerdas dan teliti dalam mengecek IMEI, sebelum melakukan transaksi.

Konsumen bisa mengecek IMEI belalui berbagai situs seperti Bea Cukai, Kemenperin, Apple ID. Nomor IMEI yang muncul di halaman pengecekan menunjukkan gawai tersebut terdaftar secara legal.

Bea Cukai

  1. Masuk ke website https://www.beacukai.go.id/cek-imei.html.
  2. Ikuti instruksi yang tertera. Masukkan 15 digit nomor IMEI.
  3. Masukkan kode verifikasi di bawah kolom IMEI.
  4. Klik Send untuk menampilkan status yang gawai berdasarkan data IMEI yang telah di daftarkan melalui //form// Registrasi IMEI.

 

Kemenperin

1.Masuk ke website https://imei.kemenperin.go.id/.

2.Masukkan nomor IMEI dan kode verifikasi yang muncul.

3.Klik Send untuk mencari status registrasi gawai.IMEI di iPhone.

 

Sementara itu, Anda dapat menemukan nomor IMEI/MEID di iPhone langsung. Anda dapat menemukan nomor tersebut di beberapa tempat, termasuk Pengaturan (di perangkat fisik, di Finder atau iTunes) dan pada kemasan aslinya.

Saat menghubungi Apple untuk mendapatkan dukungan, Anda dapat menggunakan nomor seri atau nomor IMEI/MEID untuk mengidentifikasi perangkat Anda.

  1. Buka Pengaturan > Umum, lalu ketuk Mengenai
  2. Cari nomor serinya. Anda mungkin perlu menggulir ke bawah untuk menemukan IMEI/MEID dan ICCID.
  3. Untuk menempelkan informasi ini ke formulir pendaftaran atau dukungan Apple, sentuh dan tahan nomor yang akan disalin.

Anda juga dapat menemukan nomor seri perangkat di Finder atau iTunes:

  1. Sambungkan perangkat ke komputer.   
  2. Di Mac dengan macOS Catalina 10.15 atau versi lebih baru, buka Finder. Di Mac dengan macOS Mojave atau versi lebih lama, atau di PC, buka iTunes.
  3. Temukan perangkat Anda. Di Finder, pastikan Anda berada di tab Umum. Di iTunes, klik tab Ringkasan untuk melihat informasinya.
  4. Untuk iPhone, klik Nomor Telepon di bawah nama perangkat atau model perangkat untuk menemukan IMEI/MEID dan ICCID. Untuk iPad (model seluler), klik Nomor Seri untuk menemukan CDN, IMEI/MEID, dan ICCID.

Jika ingin menempelkan informasi ini ke formulir pendaftaran atau dukungan Apple, pilih Edit > Salin Nomor Seri

Jika Anda tidak memiliki perangkat, Anda dapat memeriksa beberapa tempat yang mungkin menunjukkan nomor seri atau IMEI/MEID.

  1.  Buka appleid.apple.com di browser web.
  2.  Masuk dengan ID Apple yang Anda gunakan di perangkat.Pilih bagian Perangkat. Untuk melihat nomor seri dan IMEI/MEID, pilih perangkat. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement