Senin 31 Jul 2023 13:54 WIB

Samsung Segera Produksi Cincin Galaxy?

Peranti ini kemungkinan diberi nama Galaxy Ring.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Natalia Endah Hapsari
 Samsung disebut-sebut sedang mempersiapkan smart wearable baru, sebuah cincin yang mungkin akan disebut Galaxy Ring.
Foto: AP/Ahn Young-joon
Samsung disebut-sebut sedang mempersiapkan smart wearable baru, sebuah cincin yang mungkin akan disebut Galaxy Ring.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Ada desas-desus yang beredar selama setahun terakhir atau lebih, bahwa Samsung sedang mempersiapkan smart wearable baru, sebuah cincin yang mungkin akan disebut Galaxy Ring. Ini adalah pasar smart wearable yang belum tersentuh, jadi masuk akal jika Samsung ingin mulai menjajal peruntungan di sektor ini.

Melansir GSM Arena, Senin (31/7/2023), perusahaan telah menyelesaikan proses pengembangan dan kemungkinan akan memulai produksi bulan depan. Raksasa teknologi Korea itu dilaporkan telah mengamankan sumber perangkat keras yang dibutuhkan, dan hanya perlu memutuskan kapan akan memulai produksi massal.

Baca Juga

Meski produksinya sudah dekat, peluncurannya baru akan dilakukan pada 2024. Selain proses regulasi standar, Galaxy Ring harus melalui berbagai proses sertifikasi untuk mendapatkan status ‘perangkat medis’. Sama seperti seri Galaxy Watch, yang kini tidak hanya menawarkan EKG tetapi juga pelacakan irama jantung yang tidak teratur.

Sertifikasi ini dapat bertahan selama beberapa bulan, jadi Galaxy Ring kemungkinan akan memasuki pasar sekitar 2024. Beberapa berspekulasi itu bisa tiba tepat pada waktunya bersamaan dengan pengumuman seri Galaxy S24.

Sebelumnya, Samsung resmi mengumumkan Galaxy Watch 6 dan Galaxy Watch 6 Classic terbaru, dengan memiliki fitur-fitur yang semakin ditingkatkan. Salah satu fitur yang bermanfaat adalah fall detection yang dapat langsung melakukan panggilan darurat atau emergency call secara otomatis.

Samsung juga lebih meningkatkan fitur kesehatan holistik dan performa canggih pada Watch 6 series ini. Di dalamnya terdapat fitur-fitur pemantau kesehatan canggih, mulai dari mengukur tekanan darah, komposisi tubuh, dan yang terbaru berfungsi sebagai elektrokardiogram atau EKG.

Bernama fitur heart rate, ini merupakan sebagai petunjuk apakah detak jantung terlalu tinggi atau terlalu rendah, yang terbagi dalam lima kategori. Misalnya, detak jantung normal paling maksimal ketika berlari di angka 167 sampai 185, tetapi ternyata terdeteksi mencapai 190, maka nanti fitur heart rate ini akan memberi peringatan bahwa itu berbahaya.

Fitur lainnya untuk menunjang gaya hidup lebih sehat adalah sleep coaching yang telah ditingkatkan. Ada juga fitur fitness coaching yang lebih terpersonalisasi untuk menjaga pengguna terus termotivasi, hingga memiliki panduan nutrisi terbaik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement