Senin 31 Jul 2023 10:56 WIB

Cek 10 Fitur WhatsApp Chat, Mana Favorit Anda?

Ada 10 fitur Whatsapp yang dapat digunakan sepanjang obrolan atau chat.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Natalia Endah Hapsari
WhatsApp memperkenalkan fitur-fitur baru untuk membuat pengalaman pengguna menjadi lebih baik./ilustrasi
Foto: EPA-EFE/IAN LANGSDON
WhatsApp memperkenalkan fitur-fitur baru untuk membuat pengalaman pengguna menjadi lebih baik./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – WhatsApp merupakan platform perpesanan instan yang paling banyak digunakan di dunia. Platform milik Meta ini terus memperkenalkan fitur-fitur baru untuk membuat pengalaman pengguna menjadi lebih baik.

Salah satu hal yang dilakukan Meta belum lama ini adalah memperkenalkan fitur tepat di dalam jendela obrolan. Berikut 10 fitur yang dapat Anda gunakan tanpa keluar dari obrolan apa pun, dilansir Gadgets Now, Senin (31/7/2023):

Baca Juga

1. Anda dapat mengirim pesan video singkat ke kontak

WhatsApp meluncurkan fitur yang memungkinkan pengguna mengirim pesan video instan dengan obrolan, mirip dengan pesan suara. Anda dapat merekam pesan video hingga 60 detik dan membagikannya langsung di obrolan.

 

2. Edit pesan untuk memperbaiki kesalahan

WhatsApp baru-baru ini menambahkan fitur yang memungkinkan pengguna mengedit pesan dalam waktu 15 menit setelah mengirimkannya. Untuk mengedit pesan, Anda perlu menekan lama lalu membuat perubahan yang diinginkan.

 

3. Aktifkan pesan menghilang untuk privasi yang lebih baik

WhatsApp memungkinkan Anda menyetel pesan agar hilang setelah 24 jam, tujuh hari, atau 90 hari. Pesan yang hilang juga dapat disimpan dalam obrolan agar tidak hilang. Untuk menggunakan fitur ini, buka obrolan, klik nama kontak, dan pilih pesan menghilang.

 

4. Kunci dan sembunyikan obrolan Anda

Fitur ini memungkinkan pengguna mengunci dan menyembunyikan obrolan. Untuk menggunakan fitur ini, pertama ketuk nama kontak. Kemudian pilih "Kunci obrolan", lalu ketuk "Kunci obrolan ini dengan sidik jari". Namun, obrolan tidak akan dikunci di perangkat Anda yang ditautkan.

 

5. Lihat status kontak Anda dengan satu ketukan

WhatsApp memungkinkan pengguna untuk melihat status kontak mereka dari dalam obrolan. Klik cincin hijau di sekitar foto profil kontak Anda. Ini akan mengarahkan Anda ke pembaruan status mereka.

 

6. Ekspor obrolan ke aplikasi lain

WhatsApp memungkinkan pengguna untuk mengekspor dan menyimpan salinan data dan riwayat obrolan ke aplikasi lain. Fitur ini memungkinkan Anda memilih apakah ingin menyertakan atau mengecualikan media obrolan dari dalam pengaturan obrolan.

 

7. Membayar di Whatsapp

Fitur "Bayar" memungkinkan pengguna mengirim dan menerima uang. Pengguna harus menambahkan rekening bank mereka dan memverifikasi untuk dapat melakukan pembayaran menggunakan UPI. Anda dapat mengonfirmasi status transfer Anda di obrolan dan melihat transaksi sebelumnya di pengaturan pembayaran.

 

8. Kirim pesan suara ke kontak Anda

Fitur ini memungkinkan pengguna mengirim pesan suara instan dalam obrolan untuk menghindari kerumitan mengetik pesan panjang. Cukup ketuk dan tahan ikon audio yang ditempatkan di sebelah bilah teks untuk merekam pesan Anda.

 

9. Tetapkan wallpaper pilihan Anda

WhatsApp memungkinkan Anda mempersonalisasi wallpaper untuk obrolan tertentu. Selain itu, Anda dapat menyesuaikan keredupan wallpaper dalam Mode Gelap menggunakan penggeser "Peredupan Wallpaper".

 

10. Bereaksi terhadap pesan dengan emoji

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk bereaksi terhadap pesan dengan emotikon. Tekan lama pada pesan yang ingin Anda tanggapi dan pilih emoji pilihan Anda dari panel pop-up. Reaksi akan terlihat di bagian bawah pesan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement