Kamis 27 Jul 2023 09:56 WIB

Hampir Setengah Populasi Dunia, Pengguna Aktif Facebook Kini Capai 3 Miliar

Popularitas Facebook sendiri disebut telah menurun di kalangan anak muda,

Facebook memiliki lebih dari 3 miliar pengguna aktif bulanan, menurut laporan kuartal terbaru Meta.
Foto: Unsplash.
Facebook memiliki lebih dari 3 miliar pengguna aktif bulanan, menurut laporan kuartal terbaru Meta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Facebook memiliki lebih dari 3 miliar pengguna aktif bulanan, menurut laporan kuartal terbaru Meta. Itu adalah angka yang cukup mengejutkan.

Meskipun popularitas Facebook disebut telah menurun di antara orang-orang muda, platform ini tak bisa disebut sudah tak lagi diminati. Di seluruh keluarga aplikasi Meta – yang mencakup WhatsApp, Instagram, Messenger, dan sekarang Threads – ada 3,88 miliar pengguna aktif bulanan. Itu hampir setengah dari populasi dunia.

Baca Juga

Langkah-langkah menyenangkan, tetapi mungkin lebih penting bagi Meta dan investornya, pengguna aktif sehari-hari terus tumbuh juga. Facebook memiliki 2.064 miliar pengguna aktif sehari, naik dari 2.037 miliar pada kuartal lalu. Pertumbuhan itu penting, karena pada kuartal terakhir 2021, Facebook melaporkan penurunan kuartalnya yang pertama dalam pengguna aktif sehari-hari.

Pertumbuhan ini dapat didorong sebagian oleh Reels, fitur di Instagram dan Facebook yang sangat membantu memacu platform tersebut. Menurut CEO Meta Mark Zuckerberg, Reels mendapatkan 200 miliar putaran per hari di seluruh keluarga aplikasi.

Menurut Zuckerberg, platform sosial baru, berbasis teks yang terkait dengan Instagram, Threads, juga berjalan dengan sangat baik.

“Saya pikir kami memiliki roadmap yang paling menarik yang pernah saya lihat dalam beberapa waktu. Kami melihat pertumbuhan yang belum pernah terjadi sebelumnya, dan yang lebih penting, kami melihat lebih banyak orang kembali setiap hari daripada yang saya harapkan,'' ujar Zuckerberg seperti dilansir TechCrunch, Kamis (27/7/2023).

Threads mencapai 100 juta pengguna dalam waktu lima hari. Tentu saja, tidak semua orang tetap setia dengan Threads karena ada juga yang memilih untuk hengkang. Tetapi minggu lalu, Zuckerberg menulis bahwa “10 juta orang kembali setiap hari".

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement