Rabu 19 Jul 2023 21:35 WIB

Facebook Sempurnakan Fitur Video, Seperti Apa?

Salah satu pembaruan paling signifikan berfokus pada fitur pengeditan video.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Natalia Endah Hapsari
Selama bertahun-tahun, Facebook telah mengembangkan kemampuan videonya. Kini, Facebook berdiri dengan titik terkuat untuk konten Reels, video panjang, dan Live/ilustrasi
Foto: AP/Richard Drew
Selama bertahun-tahun, Facebook telah mengembangkan kemampuan videonya. Kini, Facebook berdiri dengan titik terkuat untuk konten Reels, video panjang, dan Live/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Facebook menjadi salah satu platform media sosial yang paling lama hadir. Meskipun penggunanya telah mengalami penurunan selama beberapa tahun terakhir, aplikasi tersebut masih memiliki basis pengguna yang tinggi. Video telah memainkan peran penting dalam perjalanan Facebook sejak awal 2007.

Selama bertahun-tahun, Facebook telah mengembangkan kemampuan videonya. Kini, Facebook berdiri dengan titik terkuat untuk konten Reels, video panjang, dan Live, sehingga menarik pengguna dengan beragam pilihan video.

Baca Juga

Dan sekarang, raksasa media sosial ini membawanya ke level lebih baik dengan pembaruan yang dirancang untuk memberdayakan pembuat konten, dan melibatkan pengguna dengan cara yang belum pernah ada sebelumnya.

Salah satu pembaruan paling signifikan berfokus pada fitur pengeditan video. Facebook meluncurkan fitur-fitur baru untuk menyempurnakan Reels, membuat pembuatan video menjadi lebih dinamis dan ekspresif.

Pembaruan mencakup pengeditan tanpa batas, menghadirkan audio, musik, dan teks ke dalam satu antarmuka, memudahkan pembuat konten untuk melapisi dan mengatur waktu elemen kreatif mereka dengan sempurna.

Selain itu, ada lebih banyak alat pengeditan klip yang tersedia, memungkinkan pengguna untuk bereksperimen dengan mempercepat, membalikkan, atau mengganti klip, melepaskan kreativitas mereka lebih jauh.

Dan yang terpenting, opsi audio yang ditingkatkan memungkinkan pengguna untuk memadukan suara yang sempurna ke dalam video mereka, menambahkan musik dan klip audio, merekam sulih suara, dan mengurangi kebisingan yang tidak diinginkan.

Facebook juga menghadirkan dukungan video HDR, dimulai dengan kemampuan mengunggah video HDR dari perangkat seluler ke Reels. Fitur ini memastikan bahwa pengguna dapat menikmati video dalam HDR penuh, suguhan bagi siapa saja yang ingin menghargai kualitas visual superior.

Untuk menyederhanakan eksplorasi dan keterlibatan video, Facebook memperkenalkan juga Tab Video, yang menggabungkan semua konten video di platform, termasuk Reel, video berdurasi panjang, dan konten live.

Tab ini menawarkan umpan yang dipersonalisasi, membuatnya mudah untuk menggulir dan menemukan berbagai konten video. Bagian laman gulir horizontal yang baru, memungkinkan pengguna melompat dengan cepat ke video berdurasi pendek.

Tab Video akan segera dapat diakses dari bilah pintasan, membuatnya tersedia untuk pengguna di perangkat iOS dan Android.

Facebook juga telah mendesain ulang fitur Video Explore, memberi pengguna lebih banyak kesempatan untuk mendalami topik video terpopuler. Bagian Video Explore menawarkan campuran laman, format panjang, dan live video yang terkait dengan topik dan tagar yang relevan, berkat kombinasi kurasi manusia dan pembelajaran mesin.

Konten yang dikuratori ini akan memastikan bahwa pengguna menemukan video yang sesuai dengan minat dan preferensi mereka.

Selain itu, Facebook menjembatani kesenjangan antara platform-nya dengan memungkinkan pengguna untuk terlibat dengan Instagram Reels di Facebook secara mulus. Pengguna sekarang dapat menonton dan menulis komentar di Instagram Reels langsung dari aplikasi Facebook, sehingga tidak perlu beralih ke Instagram dulu.

Dengan menambahkan akun Facebook dan Instagram mereka ke Akun Meta, pengguna dapat dengan mudah berinteraksi dengan konten dan pengguna favorit mereka, apa pun aplikasi yang mereka gunakan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement