Rabu 26 Jul 2023 15:41 WIB

ChatGPT Kini Tersedia untuk Semua Jenis Ponsel, Begini Cara Aksesnya

Aplikasi ChatGPT OpenAI sudah tersedia di Google Play dan gratis.

Rep: Santi Sopia/ Red: Natalia Endah Hapsari
ChatGPT kini dapat diakses di iPhone, iPad, dan perangkat Android serta di situs web. /ilustrasi
Foto: Unsplash
ChatGPT kini dapat diakses di iPhone, iPad, dan perangkat Android serta di situs web. /ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Pengguna Android yang menginginkan bantuan kecerdasan buatan (AI), akhirnya sudah bisa menikmati aplikasi ChatGPT resmi untuk ponsel dan tablet mereka. Menyusul berita pada hari Jumat bahwa aplikasi ChatGPT OpenAI akan tiba untuk Android pekan ini, program tersebut sudah tersedia di Google Play, gratis untuk digunakan seperti edisi iOS.

Dalam sebuah cuitan Twitter, OpenAI mengonfirmasi debut Android aplikasi tersebut, mencatat bahwa itu tersedia untuk diunduh di AS, India, Bangladesh, dan Brasil dengan rencana untuk memperluas ke negara lain selama pekan depan.

Baca Juga

“Dengan rilis baru ini, ChatGPT kini dapat diakses di iPhone, iPad, dan perangkat Android serta di situs web. Pengalamannya serupa di semua platform tersebut, meskipun aplikasi Android menawarkan beberapa fitur bonus seperti rasa iOS,” demikian seperti dikutip dari Zdnet, Rabu (26/7/2023).

Di aplikasi, pengguna dapat mengetik permintaan dan kemudian mengajukan pertanyaan lanjutan untuk mengejar topik yang sama. Jika tidak, cukup ketuk ikon + di bagian atas untuk memulai obrolan baru.

Pengguna juga dapat mengucapkan permintaan mereka. Cukup ketuk ikon mikrofon di bidang Pesan, sebutkan pertanyaan atau permintaan Anda, lalu ketuk lingkaran setelah selesai. Suara pengguna ditranskripsikan menjadi teks untuk dikirimkan.

Aplikasi ini melacak semua obrolan di situs web dan di seluruh perangkat seluler. Untuk mengakses obrolan sebelumnya, cukup ketuk ikon hamburger di bagian atas dan pilih Riwayat. Pengguna dapat menelusuri obrolan sebelumnya atau mencari yang spesifik dengan kata kunci. Ketuk sembarang obrolan untuk menampilkannya.

Dengan obrolan di layar, ketuk ikon tiga titik di sebelah kanan untuk menghapus atau mengganti namanya.

Seperti situs web dan versi iOS, aplikasi Android diarahkan untuk pengguna ChatGPT gratis dan mereka yang berlangganan ChatGPT Plus berbayar. Di bagian atas layar, pelanggan tinggal tap GPT-3.5 atau GPT-4 tergantung mode yang ingin digunakan. GPT-4 menawarkan beberapa keunggulan dibandingkan pendahulunya, termasuk pelatihan yang lebih baik, memori yang lebih lama, dan kemahiran multibahasa yang lebih baik.

Dari ikon hamburger aplikasi Android, pengguna dapat mengakses menu Pengaturan, di mana mereka dapat mengekspor data obrolan ke file HTML yang dapat dilihat, menghapus riwayat obrolan, dan bahkan menghapus akun. Pengguna juga dapat mengubah skema warna, mengganti bahasa default, dan mengakses informasi bantuan.

Popularitas AI telah menyebabkan aplikasi pihak ketiga baik untuk iOS dan Android, kebanyakan didukung oleh model ChatGPT OpenAI. Namun, banyak dari itu adalah aplikasi freemium.

Hal ini berarti pengguna mendapatkan obrolan gratis dalam jumlah terbatas dan kemudian harus mengeluarkan uang untuk berlangganan jika menginginkan lebih. Aplikasi seluler resmi OpenAI sepenuhnya gratis, sehingga pengguna dapat terus mengobrol sepanjang hari tanpa harus mengeluarkan lebih banyak biaya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement