Kamis 20 Jul 2023 17:57 WIB

Cara Cari File Unduhan dari Telegram di Ponsel dan PC

Terkadang sulit menemukan file yang diunduh di Telegram.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Natalia Endah Hapsari
Jika Anda menggunakan Telegram di Android dan tidak tahu di mana file berharga Anda disimpan, ada beberapa tip untuk menemukannya.
Jika Anda menggunakan Telegram di Android dan tidak tahu di mana file berharga Anda disimpan, ada beberapa tip untuk menemukannya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Telegram adalah salah satu aplikasi perpesanan favorit bagi banyak orang di seluruh dunia. Telegram lebih dari sekadar aplikasi perpesanan sederhana, dengan menawarkan banyak fitur seperti Channels, Groups, dan bahkan bot yang dapat diprogram.

Jika Anda baru bergabung di Telegram, Anda mungkin perlu waktu untuk mengenal platform ini. Aplikasi ini bagus untuk berbagi semua jenis file, bahkan dapat menyimpan file besar. Anda dapat menyimpan dan mengunduh file melalui pesan tersimpan yang juga berfungsi sebagai cloud Telegram.

Baca Juga

Pengguna juga dapat berbagi file berguna yang memungkinkan orang lain mengunduh file dan menyimpannya di perangkat mereka. Namun, terkadang, sulit menemukan file yang diunduh di Telegram. Melalui panduan cepat ini, GIZ China membagikan cara menemukan file yang telah Anda unduh melalui Telegram. Ini berguna untuk perangkat iOS, Android, dan Windows.

Karena alasan keamanan, tidak semua file yang Anda unduh mudah ditemukan. Karena itu, berikut panduan tentang cara melihat file terlepas dari perangkat Anda. Mungkin salah satu platform paling rumit untuk menemukan file yang telah Anda unduh di Telegram adalah Android.

Dengan Android 11, Google menerapkan banyak batasan keamanan pada OS untuk membatasi cara aplikasi pihak ketiga melanggar data Anda. Karena itu, tidak terlalu mudah untuk mengakses file unduhan dari aplikasi pihak ketiga langsung di Download. Jika Anda menggunakan Telegram di Android dan tidak tahu di mana file berharga Anda disimpan, berikut beberapa tip untuk menemukannya.

1. Buka File Manager App milik Anda.

2. Temukan opsi Emulated/0 di Storage.

3. Gulir ke bawah dan ketuk folder Android.

4. Sekarang ketuk Data, gulir ke bawah, dan temukan folder org.telegram.messenger.

5. Ketuk Files dan pilih Telegram.

6. Dari sana Anda akan menemukan semua file yang telah Anda unduh dari Telegram. Ini termasuk video, foto, gif, dan semua yang tidak dapat diakses di Gallery atau Downloads Folder.

 

Untuk pengguna iOS, Anda memiliki jalur yang lebih sederhana dibandingkan dengan Android. Jika Anda ingin menemukan semua file, video, musik, atau foto yang diunduh, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Luncurkan Telegram di iPhone.

2. Buka Settings di Telegram dan pilih Advanced.

3. Ketuk pada Local Storage, Anda akan melihat Path di mana Anda dapat mengakses file yang diunduh dari Telegram.

 

Telegram versi PC juga menawarkan jalur mudah untuk mendapatkan file unduhan. Tidak seperti di Android, Anda lebih mudah untuk menemukan file yang disimpan di folder Downloads. Secara default, versi PC tidak akan membatasi apa pun kecuali Anda memilihnya. Prosesnya cukup sederhana:

1. Menuju ke My Computer.

2. Klik pada kotak pencarian.

3. Ketik "Telegram Desktop" di kotak pencarian itu.

4. Tunggu pencarian selesai.

5. Klik pada folder Telegram Desktop.

Anda akan memiliki akses ke file terbaru yang Anda unduh dengan aplikasi Telegram. Secara default, Anda akan dapat menemukan folder "Telegram Desktop" hanya dengan membuka folder "Downloads" di Windows Explorer. Namun, Anda dapat mengikuti tips ini pada sistem operasi yang berbeda.

Ini mungkin sederhana untuk pengguna yang lebih berpengalaman, tetapi untuk pendatang baru, mungkin sulit menemukan semua file yang Anda simpan di Telegram. Saat platform terus berkembang, aplikasi itu terus menarik pengguna melalui fitur-fiturnya. Terlepas dari file yang Anda unduh, di mana Anda mendapatkan opsi "Save on Downloads" tergantung pada filenya, mungkin sulit untuk menemukan GIF, Photos, Video, atau beberapa file lain yang telah dikirimkan teman Anda atau telah Anda unduh dari grup dan saluran. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement