Senin 17 Jul 2023 12:20 WIB

Gcreasi Berkomitmen Tingkatkan Generasi Muda di Malang Melek Digital

Peserta antusias mengikuti pelatihan desain grafis ini.

Pelatihan Desain Grafis untuk Generasi Muda Melek Digit, di Warung Kopi Tani, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, Jawa Timur.
Foto: Dok. Web
Pelatihan Desain Grafis untuk Generasi Muda Melek Digit, di Warung Kopi Tani, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Dalam upaya meningkatkan literasi digital, Generasi Alumni Muda UB, ITS, Unair atau yang sering disebut Ganjar Creasi (Gcreasi), melakukan program Pelatihan Desain Grafis untuk Generasi Muda Melek Digit, di Warung Kopi Tani, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Pada program pelatihan tersebut turut serta hadir puluhan mahasiswa yang sekaligus praktisi UMKM yang berkecimpung di bisnis online. Hadir pula sebagai narasumber, seorang Praktisi Desain Grafis Fikri Muhammad memberikan materi dalam pelatihan tersebut.

"Kebanyakan generasi muda sekarang kan butuh meningkatkan kemampuan digitalnya, salah satunya yaitu desain grafis karena sangat diperlukan ketika mengerjakan tugas atau bahkan mereka yang sudah memulai untuk berjualan online," ujar Koordinator Wilayah Gcreasi Jawa Timur Ilham Hasan, seperti dilansir pada Senin (17/7/2023). 

Baca Juga

Dia menjelaskan agar para peserta bisa menimba ilmu dan mengasah keterampilan sesuai bidang keahlian yang diajarkan, dan berlatih semaksimal mungkin baik secara teori maupun praktik.

Ilmu dan keterampilan yang didapat  akan bermanfaat di kemudian hari, termasuk agar bisa berwirausaha atau menciptakan lapangan pekerjaan sendiri.

"Langkah awalnya supaya mereka bisa memahami dasar-dasar dari desain, kemudian bisa dipraktekkan di dalam kehidupan sehari-hari seperti berjualan online karena kan sekarang jamannya sudah harus melek digital," lanjut Ilham.

Ilham mengaku peserta merespon bagus acara tersebut. Sebab, menurut Ilham, peserta yang datang atas dasar kebutuhan untuk meningkatkan keterampilan yang dimilikinya.

"Bagus responsnya karena ini kegiatan gratis dan rata-rata yang datang karena kebutuhan, sekaligus memberikan dukungan juga sama Pak Ganjar Pranowo," kata Ilham.

Ilham berharap mereka yang hadir dapat menggunakan ilmu desain grafis di dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam keperluan tugas atau pun memasarkan usahanya.

"Semoga ini bermanfaat dan mereka bisa mengaplikasikannya di kehidupan yang nyata," pungkas Ilham.

Sementara, Mahasiswa Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya Gilang merespon bagus diselenggarakan kegiatan tersebut. Menurut dia, dirinya ingin memperdalam kemampuan desainnya beserta aplikasi yang digunakan untuk memudahkan proses desainnya.

"Saya ingin belajar, memperdalam ilmu desain dan aplikasi yang digunakan itu apa aja biasanya karena akan saya pake untuk kegiatan tugas maupun organisasi," kata dia.

Ia berharap kegiatan pelatihan tersebut tidak hanya sekali dilakukan. Sebab, lanjut dia, butuh beberapa kali latihan hingga peserta bisa mahir dalam desain grafis.

"Harapannya sih semoga ada terus untuk pelatihannya karena satu kali saja kan tidak cukup, supaya saya dan teman-teman di sini semakin mahir dan terampil," ujar dia.

Sebelumnya, alumni Universitas Brawijaya, Institut Teknologi Sepuluh Nopember dan Universitas Airlangga yang tergabung dalam "Ganjar Creasi" (Gcreasi) mendeklarasikan dukungan untuk Ganjar Pranowo karena dinilainya layak meneruskan estafet kepemimpinan sebagai Presiden RI.

“Saya berharap dukungan baik itu dari akademisi, rakyat dan semua kalangan mampu memenangkan Bapak Ganjar Pranowo dan meneruskan estafet kepemimpinan sebagai seorang presiden,” ujar Koordinator Gcreasi Suryo Adi Prakoso, demikian dilansir dari Antara

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement