Rabu 12 Jul 2023 14:15 WIB

RAM Ponsel Capai 24 GB, Apakah Perlu?

RAM 16GB biasanya dianggap sangat baik untuk komputer, bahkan untuk bermain gim.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Natalia Endah Hapsari
Sejumlah merek ponsel China kini memberikan RAM hingga 24 GB/ilustrasi
Foto: EPA-EFE/YAHYA ARHAB
Sejumlah merek ponsel China kini memberikan RAM hingga 24 GB/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Jika Anda mencermati rilis ponsel China baru-baru ini, Anda akan melihat satu tren. Merek-merek tersebut meningkatkan kapasitas RAM secara drastis.

Sebelumnya, RAM 12 GB sering dianggap berlebihan. Tetapi dengan Realme dan Nubia mengumumkan perangkat terbaru mereka, sepertinya kita sedang menuju model ponsel RAM 24GB.

Baca Juga

Selain itu, perangkat yang akan datang dari OnePlus, OnePlus ACE 2 Pro, diprediksi juga memberikan RAM hingga 24GB RAM. Ini mungkin menimbulkan pertanyaan, apakah Anda benar-benar membutuhkan RAM sebesar itu di ponsel Anda?

Dilansir dari laman GizChina, Rabu (12/7/2023), RAM 16GB biasanya dianggap sangat baik untuk komputer, bahkan untuk bermain gim. Jadi, apakah model ponsel dengan RAM 24GB masuk akal?

Sebelum hal lain, Anda harus memiliki pemahaman yang tepat tentang apa sebenarnya RAM itu. Intinya, ini adalah salah satu memori tercepat di ponsel Anda. Ini lebih cepat dari penyimpanan onboard tetapi lebih lambat dari cache yang tetap tertanam dengan prosesor telepon. Tetapi mengapa ponsel membutuhkan RAM?

Berkat menjadi lebih cepat daripada penyimpanan internal, sistem operasi menggunakannya untuk memuat dan menjalankan aplikasi. Jika Anda membuat sistem operasi atau aplikasi berjalan di penyimpanan biasa, Anda perlu berjam-jam hanya untuk mengirim pesan teks. Ya, RAM di ponsel sangat penting.

Berapa banyak RAM yang sebenarnya Anda butuhkan? Untuk memahami berapa banyak RAM yang dibutuhkan ponsel Anda, pertimbangkan kebutuhan Anda dan permintaan perangkat tersebut. Mari uraikan beberapa hal untuk memudahkan Anda:

1. Anda membutuhkan setidaknya 2GB RAM untuk menjalankan android

Jika Anda menggunakan telepon untuk tugas-tugas dasar seperti melakukan panggilan, menerima panggilan, mendengarkan musik lokal, dan mengirim SMS, RAM 2GB sudah lebih dari cukup. Sebelum Android 13, persyaratan RAM minimum adalah 1GB. Namun dengan dirilisnya versi Android baru, Google telah meningkatkan persyaratan minimum.

Tentu saja, ada Android Go Edition. Seperti yang dijelaskan Google, Android Go Edition adalah "OS berkecepatan kilat untuk ponsel cerdas dengan RAM kurang dari 2GB". Faktanya, Anda membutuhkan sekitar 512MB RAM untuk menjalankan Android Go. Meskipun versi Android ini memiliki kompatibilitas terbatas, Anda dapat dengan mudah menyelesaikan tugas-tugas dasar dengan mudah.

 

2. Aplikasi android penting membutuhkan setidaknya 4GB RAM untuk berjalan dengan lancar

Apakah Anda tidak ingin hanya menggunakan perangkat hanya untuk melakukan panggilan? Ingin menjalankan beberapa aplikasi, seperti aplikasi Threads yang baru saja diluncurkan Meta? Dalam hal ini, Anda harus memilih ponsel dengan setidaknya 4GB RAM. Jumlah RAM ini bahkan memungkinkan Anda memainkan beberapa game ringan tanpa menghadapi banyak masalah.

 

3. Dapatkan ponsel minimal RAM 8GB jika ingin main gim

Jika Anda menginginkan pengalaman yang lebih lancar dengan gim dan aplikasi, mendapatkan ponsel dengan setidaknya 8GB RAM adalah ide yang bagus. Jumlah RAM ini memungkinkan Anda menjalankan game yang menuntut dan aplikasi intensif sumber daya, seperti editor video, dengan cukup lancar. Itu sebabnya perangkat andalan Samsung mulai dari 8GB.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement