Rabu 05 Jul 2023 19:35 WIB

Terbuat dari Titanium, iPhone 15 Bakal Tahan Banting?

Titanium bahkan dapat digunakan dalam desain MacBook dan iPad di masa depan.

Rep: Santi Sopia/ Red: Natalia Endah Hapsari
Apple mengklaim iPhone 15 Pro akan dibuat dari paduan titanium yang tangguh./ilustrasi
Foto: dok GizChina
Apple mengklaim iPhone 15 Pro akan dibuat dari paduan titanium yang tangguh./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Pengguna smartphone kerap merasa khawatir ketika mereka menjatuhkan ponsel lebih sering dari yang seharusnya. Bagi yang biasa melakukannya, rumor tentang desain iPhone 15 terbaru mungkin sangat menggembirakan.

Pasalnya, secara paten, Apple mengklaim iPhone 15 Pro akan dibuat dari paduan titanium yang tangguh, menggantikan rangka baja tahan karat sebelumnya. Sementara kekuatan titanium menyaingi baja, itu bisa lebih ringan hingga 45 persen. “Itu dapat membuat model iPhone 15 Pro jauh lebih mudah untuk dibawa, tetapi dengan ketahanan yang sama,” demikian seperti dilansir dari laman Daily Mail, Rabu (5/7/2023).

Baca Juga

Titanium juga dapat menangani suhu yang lebih tinggi daripada baja, sekaligus menawarkan tingkat perlindungan yang sama terhadap kerusakan air.

Sisi negatifnya, bagaimanapun, titanium adalah bahan yang lebih mahal daripada baja tahan karat yang dapat menaikkan harga iPhone 15 Pro.

Rumor terbaru sejalan dengan spekulasi sebelumnya dari analis Apple Jeff Pu, yang mengungkap model baru bisa lebih mahal dari model Pro sebelumnya.

Meski tidak mengungkapkan biaya spesifik, perlu dicatat bahwa iPhone 14 Pro dan Pro Max tahun lalu masing-masing dibanderol mulai dari 999 dolar AS dan 1.099 dolar AS (Rp 16,4 juta).

Jika rumor tersebut terbukti benar, ini akan menjadi kali kedua Apple memasukkan titanium ke dalam desainnya.

Apple Watch Ultra, seharga 799 dolar AS, juga memiliki casing titanium, yang 'mencapai keseimbangan sempurna antara bobot, daya tahan, dan ketahanan terhadap korosi', menurut Apple.

Titanium bahkan dapat digunakan dalam desain MacBook dan iPad di masa depan, menurut Patently Apple, merujuk pada gambar produk yang tampaknya bocor.

Meski begitu, ini belum dikonfirmasi secara publik oleh Apple dan Daily Mail telah menghubungi perusahaan untuk memberikan komentar. Kebocoran yang diduga terjadi di tengah banyak rumor lain tentang iPhone 15 yang diantisipasi dan fitur apa yang mungkin dimilikinya.

Cuplikan iPhone 15 Pro bocor pada bulan April dan muncul di TikTok versi Cina. Bingkai berbasis titanium juga ditampilkan pada prototipe ini, di samping tombol volume solid-state baru yang menggantikan tombol mute.

Jika terbukti benar, ini akan menjadi pertama kalinya Apple mengubah tombol sejak peluncuran iPhone pada 2007, kemungkinan memungkinkan pengguna untuk beralih dengan kepekaannya.

Cuplikan itu juga menyertakan port pengisian USB-C sebagai pengganti port Lightning biasa.

Perubahan ini mengikuti pembicaraan sebelumnya dari eksekutif Apple Greg Joswiak yang mengatakan bahwa raksasa teknologi itu 'harus mematuhi' undang-undang USB baru yang disahkan oleh UE.

Dengan mengingat hal itu, sudah diketahui publik bahwa perusahaan mengganti teknologi pengisian daya Lightning sendiri, dapat dilihat dari delapan pinnya, dengan USB-C di negara-negara UE.

“Jelas, kita harus mematuhi, kami tidak punya pilihan, seperti yang kami lakukan di seluruh dunia untuk mematuhi hukum setempat. Tapi kami pikir pendekatannya akan lebih baik secara lingkungan dan lebih baik bagi pelanggan kami untuk tidak memiliki pemerintah yang begitu menentukan,” kata Joswiak.

Meski demikian, analis Ming-Chi Kuo mengklaim bahwa beberapa perangkat Pro baru mungkin diarahkan untuk mendukung USB 3.2 atau Thunderbolt 3, menurut MacRumors.

Dapat dipahami bahwa ini akan memungkinkan perangkat yang lebih canggih untuk mentransfer data lebih cepat daripada model standar. Saat ini, tidak jelas apakah rumor dummy atau Patently Apple akurat dalam penggambaran iPhone baru. Tapi mungkin hanya beberapa bulan sampai kita tahu pasti, karena Apple diperkirakan akan membuat pengumuman besar di bulan September.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement