Rabu 05 Jul 2023 00:24 WIB

Bisa Kirim Video Berkualitas HD di WhatsApp, Ini Manfaatnya

Opsi HD memerlukan waktu lebih lama untuk mengirim video.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Beberapa penguji beta di WhatsApp beta untuk Android v2.23.14.10 mempunyai tombol HD saat berbagi video./ilustrasi
Foto: Unsplash
Beberapa penguji beta di WhatsApp beta untuk Android v2.23.14.10 mempunyai tombol HD saat berbagi video./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—Platform perpesanan WhatsApp akan segera mengizinkan pengguna mengirim video berkualitas HD. Menurut WABetainfo, beberapa penguji beta di WhatsApp beta untuk Android v2.23.14.10 mempunyai tombol HD saat berbagi video.

Saat pengguna mengetuk opsi ini, mereka dapat memilih kualitas video, yakni standar atau HD. Penguji beta mengonfirmasi bahwa opsi HD memerlukan waktu lebih lama untuk mengirim video. Namun, kualitas videonya jauh lebih baik daripada versi standar yang tetap pada 640 x 640 piksel.

Baca Juga

Dilansir dari Gizchina, Selasa (4/7/2023), di sisi lain, fitur video baru berkualitas HD di WhatsApp akan menguntungkan pengguna dalam beberapa hal, antara lain

Pertama, kualitas gambar dan suara yang lebih baik.

Fitur baru akan memungkinkan pengguna mengirim video dengan resolusi hingga 1080p, yang merupakan peningkatan signifikan dari batas 640 x 640 piksel saat ini. Artinya, pengguna akan dapat berbagi video dengan lebih detail dan jelas, sehingga lebih mudah untuk melihat apa yang terjadi di dalam video.

Kedua, ukuran file lebih besar. Fitur baru ini juga memungkinkan pengguna mengirim file video yang lebih besar.

Ukuran file lebih besar akan berguna bagi pengguna yang ingin berbagi video yang lebih panjang. Ini termasuk video momen spesial seperti pernikahan, ulang tahun, dan acara lainnya.

Ketiga, mengurangi alat kompresi. Saat ini, WhatsApp mengompres video ke kualitas standar dari kualitas aslinya.

Namun, fitur video baru berkualitas HD akan mengurangi kompresi. Ini juga akan memastikan bahwa pengguna mendapatkan pengalaman menonton yang lebih imersif.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement