Sabtu 01 Jul 2023 16:33 WIB

Jangan Unduh Pink WhatsApp, Ini Bahayanya

Jika sudah terlanjur mengunduh aplikasi Pink WhatsApp, segera hapus.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Natalia Endah Hapsari
Aplikasi Pink WhatsApp bisa menimbulkan risiko keamanan yang berbahaya bagi penggunanya.
Foto: SEA Mashable
Aplikasi Pink WhatsApp bisa menimbulkan risiko keamanan yang berbahaya bagi penggunanya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Baru-baru ini muncul aplikasi Pink WhatsApp. Namun, Malaysian Communications and Multimedia Commission (MCMC) memperingatkan Pink WhatsApp tersebut bisa menimbulkan risiko keamanan yang berbahaya bagi penggunanya.

Dilansir dari laman SEA Mashable, Sabtu (1/7/2023), meskipun aplikasi smartphone itu mengklaim memiliki fitur keamanan dan privasi yang lebih baik, interface yang dapat disesuaikan dan kemampuan untuk mengirim file besar, menurut MCMC itu semua omong kosong.

Baca Juga

Menurut MCMC, aplikasi tersebut mampu mengakses data Anda, foto, pesan SMS, daftar kontak Anda, dan banyak lagi. "Pengguna dapat menerima pesan dan tautan yang tampaknya berasal dari WhatsApp yang mengundang mereka untuk mencoba aplikasi baru tersebut," ujar MCMC dalam sebuah pernyataan.

Segera hapus

Regulator tersebut menyarankan orang untuk mengunduh aplikasi seluler langsung dari Apple App Store, Google Play Store, dan Huawei App Gallery. Pengguna yang mengunduh aplikasi dilaporkan mengalami pemboman banyak iklan sebelum kehilangan kendali penuh atas perangkat mereka. Penipu yang membuat aplikasi Pink WhatsApp mengincar data pribadi Anda seperti one-time password (OTP) dan kontak. Jika sudah terlanjur mengunduh aplikasi ini, segera hapus.

Bagaimana cara mengetahui jika Anda tidak sengaja mengunduh Pink WhatsApp?

Menurut Channel News Asia, aplikasi WhatsApp asli akan menampilkan pesan dalam aplikasi, memperingatkan pengguna yang terpengaruh mereka menggunakan aplikasi pihak ketiga. WhatsApp juga akan melarang pengguna untuk menggunakan aplikasi pihak ketiga yang tidak resmi.

"Jika Anda menerima pesan dalam aplikasi yang mengatakan bahwa akun Anda 'dilarang sementara', ini berarti Anda mungkin menggunakan WhatsApp versi tidak resmi, atau Anda mungkin mengambil informasi, yang dikenal sebagai scraping," tulis situs web WhatsApp.

Jika Anda tidak beralih ke aplikasi resmi atau berhenti melakukan scraping setelah diblokir sementara, akun Anda mungkin diblokir secara permanen untuk menggunakan WhatsApp.

Agar dapat menghindari tipuan mengunduh aplikasi Pink WhatsApp, berikut adalah beberapa aturan praktis yang harus Anda ikuti:

1. Hindari mengklik tautan yang mencurigakan untuk mengunduh aplikasi (terutama dari yang dekat dengan Anda).

2. Perbarui aplikasi WhatsApp Anda secara rutin melalui saluran unduhan resmi Anda (Apple App Store, Google Play Store, dan Huawei App Gallery).

3. Hanya unduh aplikasi dari saluran resmi: Apple App Store, Google Play Store dan Huawei App Gallery.

4. Terakhir, peringatkan orang yang Anda cintai tentang bahaya Pink WhatsApp.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement