Sabtu 01 Jul 2023 16:05 WIB

Microsoft dan OpenAI Digugat karena Pakai Data Curian, Kok Bisa?

Gugatan itu penuh dengan kutipan dari peneliti, akademisi, hingga jurnalis.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Natalia Endah Hapsari
Microsoft dan OpenAI dituntut belasan orang yang mengklaim bahwa perusahaan menggunakan data pribadi tanpa izin untuk melatih model kecerdasan buatan (AI) mereka./ilustrasi
Foto: EPA-EFE/CAROLINE BREHMAN
Microsoft dan OpenAI dituntut belasan orang yang mengklaim bahwa perusahaan menggunakan data pribadi tanpa izin untuk melatih model kecerdasan buatan (AI) mereka./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Microsoft dan OpenAI telah dituntut oleh 16 orang yang mengklaim bahwa perusahaan menggunakan data pribadi tanpa izin untuk melatih model kecerdasan buatan (AI) mereka.

Gugatan setebal 157 halaman diajukan oleh individu melalui Firma Hukum Clarkson di pengadilan federal di San Francisco, California pada 28 Juni. Gugatan tersebut menuduh bahwa Microsoft dan OpenAI menggunakan data untuk melatih ChatGPT tanpa persetujuan, pemberitahuan yang memadai, atau pembayaran untuk data tersebut.

Baca Juga

“Terlepas dari protokol yang ditetapkan untuk pembelian dan penggunaan informasi pribadi, Tergugat mengambil pendekatan yang berbeda: pencurian. Mereka secara sistematis mengumpulkan 300 miliar kata dari internet, ‘buku, artikel, situs web, dan postingan – termasuk informasi pribadi yang diperoleh tanpa persetujuan.’OpenAI melakukannya secara rahasia, dan tanpa mendaftar sebagai broker data seperti yang diharuskan menurut hukum yang berlaku.”

Dilansir dari Neowin, Sabtu (1/7/2023), gugatan lebih lanjut berbicara tentang privasi individu karena mencatat bahwa data yang digunakan oleh OpenAI berisi informasi tentang kepercayaan orang, kebiasaan membaca, hobi, data transaksi dan lokasi, log obrolan, dan banyak lagi.

“Sementara tumpukan informasi pribadi yang dikumpulkan oleh terdakwa pada pengguna dapat digunakan untuk memberikan tanggapan yang dipersonalisasi dan ditargetkan, itu juga dapat digunakan untuk tujuan yang sangat jahat, seperti pelacakan, pengawasan, dan kejahatan. Misalnya, jika ChatGPT memiliki akses ke riwayat penjelajahan, permintaan pencarian, dan geolokasi Pengguna, dan menggabungkan informasi ini dengan apa yang diam-diam diambil oleh OpenAI Terdakwa dari internet, Tergugat dapat membangun profil terperinci dari pola perilaku Pengguna, termasuk tetapi tidak terbatas ke mana mereka pergi, apa yang mereka lakukan, dengan siapa mereka berinteraksi, dan apa minat dan kebiasaan mereka. Tingkat pengawasan dan pemantauan ini menimbulkan pertanyaan etis dan hukum yang penting tentang privasi, persetujuan, dan penggunaan data pribadi. Sangat penting bagi pengguna untuk mengetahui bagaimana data mereka dikumpulkan dan digunakan, dan untuk memiliki kendali atas bagaimana informasi mereka dibagikan dan digunakan oleh pengiklan dan entitas lain.”

Selanjutnya, pihak Microsoft juga dianggap gagal melakukan langkah keamanan sehingga membuat jutaan orang berisiko menjadi korban tindak kejahatan. 

"Terakhir, gugatan tersebut juga menuduh bahwa Microsoft dan OpenAI melanggar Undang-Undang Komunikasi Privasi Elektronik dengan memperoleh dan menggunakan informasi rahasia secara ilegal. Selain itu, penggugat juga menuduh bahwa Microsoft telah melanggar Undang-Undang Penipuan dan Penyalahgunaan Komputer dengan mencegat komunikasi antara layanan pihak ketiga/integrasi ChatGPT.”

Gugatan tersebut secara umum penuh dengan kutipan dari para peneliti, akademisi, jurnalis dan lainnya yang telah memperingatkan seseorang tentang situasi berbahaya di masa lalu terkait penggunaan jaringan saraf dan AI. Namun, pengajuannya ringan tentang bagaimana penggunaan informasi dan contoh kerugian yang ditimbulkannya bernilai tiga miliar dolar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp 45,1 triliun sebagai ganti rugi.

Ini bukan pertama kalinya Microsoft mendapat kecaman karena menyalahgunakan data atau menggunakannya tanpa persetujuan yang tepat. Bulan lalu, Twitter mengirim pemberitahuan ke Microsoft dengan tuduhan bahwa perusahaan telah menggunakan data Twitter tanpa persetujuan.

OpenAI, di sisi lain, memiliki masalah hukum serupa. Pada bulan Maret, perusahaan melaporkan pelanggaran yang membocorkan sebagian informasi pembayaran pengguna ChatGPT. Awal bulan ini, data akun lebih dari 100.000 pengguna ChatGPT bocor dan dijual di dark web.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement