Senin 26 Jun 2023 16:34 WIB

Microsoft Ungkap Waktu Rilis Xbox dan Sony PS6

Tanggal peluncuran PS6 ditentukan oleh Sony, bukan Microsoft.

Ada asumsi bahwa rilis Sony PS6 tidak akan lama lagi./ilustrasi
Foto: EPA-EFE/CAROLINE BREHMAN
Ada asumsi bahwa rilis Sony PS6 tidak akan lama lagi./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PlayStation 5 (PS5) dan seri Xbox terbaru dirilis sekitar dua setengah tahun yang lalu. Peluncuran tersebut berjarak tujuh tahun dengan pendahulunya.

Tetapi sekarang ada asumsi bahwa rilis Sony PS6 tidak akan lama lagi. Hal itu diungkap oleh Microsoft. Kedua konsol menghadapi kendala pasokan dari waktu ke waktu. Menurut pernyataan Microsoft, "periode awal yang diharapkan" untuk konsol generasi berikutnya masih lima tahun lagi.

Baca Juga

Potensi rilis Sony PS6 dan Next Xbox di 2028

Dalam dokumen pengadilan yang diungkap oleh IGN, dikutip Gizchina, Senin (26/6/2023), Microsoft menyatakan bahwa periode awal untuk konsol generasi berikutnya adalah 2028. Bagi yang penasaran, dokumen pengadilan tersebut berkaitan dengan perselisihan yang sedang berlangsung. Hal ini tentang usulan akuisisi Microsoft atas Activision Blizzard. Hasil perselisihan ini akan menentukan masa depan gim Call of Duty.

Meski demikian, dalam dokumen tertentu, Microsoft berpendapat bahwa komitmen 10 tahunnya akan memberikan akses lanjutan ke waralaba gim tersebut. Kesepakatan itu dengan jaminan bahwa gamer PlayStation akan dapat menikmati waralaba tersebut bahkan saat PS6 mendarat.

"Hal ini, bagaimanapun, akan melampaui periode awal yang diharapkan dari konsol generasi berikutnya (pada tahun 2028),” tulis Microsoft.

Melalui ini, Microsoft pada dasarnya membela diri terhadap tuduhan yang dibuat oleh Sony. Tuduhan tersebut adalah tentang PlayStation yang kehilangan basis penggunanya karena tidak mendapatkan Call of Duty di platform tersebut.

 

Mencermati Pernyataan Microsoft

Tanggal peluncuran PS6 ditentukan oleh Sony, bukan Microsoft. Ini adalah kreasi Sony, dan Sony memutuskan kapan konsol generasi berikutnya akan debut. Ya, saingan dapat mempengaruhi keputusan dengan persaingan yang tidak bersahabat. Meski begitu, bisa saja Sony tidak ingin merilisnya pada tahun 2028.

Namun kemungkinan besar konsumen akan melihat peluncuran PS6 dan Xbox berikutnya pada tahun 2028. Berikut sejumlah alasan yang mendasarinya:

Dokumen Pengadilan

Dokumen pengadilan sebelumnya menunjukkan bahwa Sony tidak akan memulai hingga setelah 2027. Baru-baru ini, dokumen pengadilan menyatakan bahwa peluncuran konsol generasi berikutnya akan dilakukan pada tahun 2028. Kedua informasi ini sangat selaras satu sama lain.

 

Umur PlayStation 5 dan Xbox Series X

PlayStation 5 dan Xbox Series terbaru akan berusia sekitar delapan tahun pada 2028. Biasanya itulah patokan waktu normal dari setiap generasi konsol. PS4 dan Xbox One bertahan selama tujuh tahun. Demikian pula, Xbox 360 dan PS3 masing-masing bertahan selama delapan dan tujuh tahun.

 

Awal yang Lambat dari Konsol Gen Saat Ini

Tidak dapat disangkal bahwa Xbox Series X dan PlayStation 5 tidak dihadirkan seperti yang diharapkan pabrikan. Karena pandemi, rantai pasokan kedua konsol sangat terkendala. Sebelum tersedia di toko fisik, konsulen harus berebut secara daring. Case-nya hampir sama dengan Xbox.

 

PlayStation 5 Pro dan Upgrade Xbox Series X

Seperti konsol generasi terakhir, Microsoft dan Sony memiliki rencana untuk menyegarkan konsol generasi saat ini. Artinya, akan ada PlayStation 5 Pro dan versi Xbox yang diperbarui di tahun-tahun mendatang. Singkatnya, konsol generasi saat ini kemungkinan tidak akan diganti dalam waktu dekat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement