Senin 05 Jun 2023 06:05 WIB

Cara Mudah Pakai Fitur Aksesibilitas Screen Reader PlayStation 5

Rangkaian aksesibilitas PS5 mencakup fitur-fitur bermanfaat.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Natalia Endah Hapsari
Sony menyertakan fitur aksesibilitas yang penting untuk PlayStation 5.
Foto: EPA-EFE/CAROLINE BREHMAN
Sony menyertakan fitur aksesibilitas yang penting untuk PlayStation 5.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—--Keinginan Sony untuk menjadikan PlayStation 5 juara konsol rumah terus dilakukan termasuk melakukan upaya khusus untuk menyertakan fitur aksesibilitas yang penting. Bermain gim menjadi hobi arus utama yang jauh lebih disukai, jadi fitur tambahan membantunya menjangkau audiens yang lebih luas dari individu yang mungkin memiliki kebutuhan berbeda.

Dilansir dari Slashgear, rangkaian aksesibilitas PS5 mencakup fitur-fitur bermanfaat seperti pemetaan tombol khusus, pembesar layar, penyesuaian warna dan ukuran teks, transkripsi obrolan, dan teks tertutup. Untuk salah contoh aksesibilitas tertentu, pertimbangkan banyak gim, bahkan gim yang berpusat pada aksi, cenderung agak padat teks.

Baca Juga

Jika karena alasan apa pun, seorang pemain tidak dapat membaca sendiri kata-kata di layar, mereka akan kehilangan sebagian besar pengalaman. Untuk mengatasinya, Sony telah menambahkan fitur aksesibilitas yang sangat berguna ke PS5—Screen Reader. Dengan bantuan Screen Reader, Anda masih dapat merasakan komponen teks gim, meskipun Anda kesulitan membuat teksnya sendiri.

Screen Reader adalah salah satu dari banyak fitur yang tersedia di suite aksesibilitas PlayStation 5. Singkatnya, ini adalah narator digital yang secara otomatis dapat mengurai dan membacakan teks apa pun yang muncul di layar saat menggunakan PS5. Artinya, Screen Reader juga dapat memberikan instruksi yang dapat didengar untuk pengoperasian umum konsol PS5 Anda, yang merupakan alasan berguna lainnya untuk menyalakannya.

 

Berikut ini cara mudah mengaktifkan Screen Reader PS5 Anda:

Dari PS5 Home Screen, buka menu Settings.

Buka opsi Accessibility.

Buka tab Screen Reader.

Aktifkan sakelar Enable Screen Reader.

 

Dari menu opsi Screen Reader, Anda juga dapat mengontrol kecepatan narator berbicara, apakah menggunakan suara maskulin atau feminin, dan volume narasi. Selain itu, meskipun bahasa default Screen Reader disetel ke bahasa apa pun yang digunakan konsol Anda, Screen Reader memiliki dukungan penuh untuk 12 bahasa berbeda. Bahasa yang didukung termasuk Arab, Belanda, Inggris. Prancis, Jerman, Italia, Jepang, Korea, Polandia, Portugis, Rusia, dan Spanyol.

Terakhir, Anda dapat menggunakan pengontrol untuk memulai dan menghentikan narasi di tengah jalan. Tekan tombol PS dan Triangle bersamaan untuk menjeda dan memainkan narasi atau tekan tombol PS dan R1 untuk memulai narasi dari awal. Jika Anda bosan mendengarkan narator atau mengaktifkannya secara tidak sengaja, Anda selalu dapat menonaktifkannya dari menu opsi Screen Reader.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement