Kamis 29 Jun 2023 17:08 WIB

Ini Keunggulan Kamera Mungil Insta360 Terbaru

Insta360 Go 3 kerap disebut seperti GoPro dengan layar lipat yang dapat dilepas.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Natalia Endah Hapsari
Kamera aksi mungil Insta360 seri terbaru yang sudah hadir di pasaran memberikan kejutan untuk para penggandrung teknologi.
Foto: Insta360
Kamera aksi mungil Insta360 seri terbaru yang sudah hadir di pasaran memberikan kejutan untuk para penggandrung teknologi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Kamera aksi mungil Insta360 seri terbaru yang sudah hadir di pasaran memberikan kejutan untuk para penggandrung teknologi. Dengan kamera seukuran ibu jari, Insta360 Go 3 kerap disebut seperti GoPro dengan layar lipat yang dapat dilepas.

Dikutip dari laman Engadget, Kamis (29/6/2023), bodi "Action Pod" di Insta360 Go 3 memberikan tampilan keseluruhan yang lebih mirip dengan kamera aksi konvensional. Bodi "Action Pod" juga berfungsi ganda sebagai layar sentuh flip 2,2 inci.

Baca Juga

Hal itu berarti pengguna tidak perlu terlalu sering mengeluarkan ponsel. Seluruh paket pada dasarnya adalah kamera aksi 2-in-1 dan layar nirkabel. Kameranya juga memiliki beberapa peningkatan yang signifikan. Resolusi videonya bertambah dari yang tadinya 1440p menjadi 2,7k (2.720 x 1.536).

Pengguna bisa mendapatkan lebih banyak keuntungan dari trik stabilisasi video "FlowState" Insta360. Kualitas audio telah ditingkatkan dengan penambahan mikrofon kedua, sehingga memecahkan masalah di seri terdahulu. Kamera juga disertifikasi tahan air hingga kedalaman lima meter, bukan hanya empat meter.

Model baru ini menawarkan masa pakai baterai gabungan yang lebih lama. Masa pakai baterai kamera bertambah dari 30 menit menjadi 45 menit (1080p@30fps). Saat dipasang ke "Action Pod", pengguna akan mendapatkan ketahanan hingga 170 menit.

Go 3 juga menunjukkan peningkatan dalam desain pembuangan panas Insta360, jadi satu-satunya batasan panjang maksimum video adalah masa pakai baterai dan penyimpanan data. Tidak lagi ada batas 30 menit durasi di setiap klip.

Ini juga mungkin jadi penyebab mengapa Go 3 hadir dengan pilihan 128GB, selain opsi 64GB atau 32GB yang bisa dipilih sesuai anggaran. Harga Insta360 Go 3 dengan model 32GB, 64GB, dan 128GB masing-masing adalah 379,99 dolar AS (Rp 5,69 juta), 399,99 dolar AS (Rp 5,99 juta), dan 429,99 dolar AS (Rp 6,4 juta).

Selain fitur timelapse biasa, "TimeShift" (insta360 menggunakan hyperlapse), dan gerakan lambat (hingga 4x), Go 3 hadir dengan tiga mode video baru. Mode itu yakni pra-perekaman, perekaman loop, dan pengambilan waktu. Pengambilan waktu khususnya berguna untuk menyiapkan pengambilan otomatis untuk merekam momen matahari terbit, tanpa pengguna harus bangun untuk menyalakan kamera.

Sama seperti pendahulunya, Go 3 hadir dengan beberapa aksesori untuk berbagai metode pemasangan. Pengguna masih mendapatkan liontin magnet untuk bidikan sudut pandang orang pertama dari ketinggian dada, meskipun sebagian pengguna lebih suka menggunakan dudukan klip yang disertakan dengan topi agar sesuai dengan ketinggian mata.

Ada juga dudukan pivot dengan dudukan rekat yang dapat digunakan kembali, yang dapat dilepas jika pengguna ingin beralih ke dudukan berukuran 1/4 inci. Pengguna dapat pula membeli quick release mount untuk merekam aktivitas olahraga, atau monkey tail mount untuk pemotretan santai. Ada juga aksesori "Fetch Stick untuk mendapatkan close-up gemas dari hewan peliharaan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement