Senin 26 Jun 2023 14:30 WIB

Windows dan macOS, Mana yang Lebih Baik?

Windows dan macOS adalah dua sistem operasi desktop paling populer di dunia.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Natalia Endah Hapsari
Windows dan macOS adalah dua sistem operasi desktop paling populer di dunia. Keduanya memiliki kekuatan dan kelemahan masing-masing/ilustrasi.
Foto: www.freepik.com
Windows dan macOS adalah dua sistem operasi desktop paling populer di dunia. Keduanya memiliki kekuatan dan kelemahan masing-masing/ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Windows dan macOS adalah dua sistem operasi desktop paling populer di dunia. Keduanya memiliki kekuatan dan kelemahan masing-masing, dan pilihan terbaik untuk Anda akan bergantung pada kebutuhan dan preferensi pribadi Anda. Apa perbedaan antara keduanya? Manakah yang lebih baik?

 

Baca Juga

1. User interface (UI)

Dilansir dari laman GizChina, Senin (26/6/2023), salah satu faktor terpenting untuk dipertimbangkan saat memilih sistem operasi adalah user interface. Windows dan macOS memiliki UI yang sangat berbeda, dan mana yang Anda sukai tergantung selera pribadi.

Windows memiliki UI desktop yang lebih tradisional, dengan Start Menu yang mencantumkan semua aplikasi dan program yang Anda instal. Sementara macOS, memiliki UI yang lebih modern yang didasarkan pada konsep "spaces". Spaces adalah desktop virtual yang dapat Anda gunakan untuk mengatur aplikasi dan jendela Anda.

Kedua UI tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. UI tradisional Windows lebih akrab bagi kebanyakan orang, tetapi dapat berantakan dan ketinggalan zaman. UI modern macOS lebih elegan dan efisien, tetapi dapat membingungkan bagi orang yang terbiasa dengan Windows.

 

2. Kinerja

Dalam hal kinerja, Windows dan macOS adalah sistem operasi yang mumpuni. Namun, Windows cenderung lebih menuntut perangkat keras, sedangkan macOS lebih efisien. Ini berarti Anda dapat menggunakan perangkat keras yang kurang kuat di Mac.

Secara umum, Windows adalah pilihan yang lebih baik untuk bermain game dan komputasi berperforma tinggi. Sedangkan macOS adalah pilihan yang lebih baik untuk komputasi umum dan tugas produktivitas.

 

3. Keamanan

Baik Windows dan macOS adalah sistem operasi yang relatif aman. Namun, Windows memiliki sejarah yang lebih rentan terhadap malware dan virus. Ini karena Windows adalah sistem operasi paling populer di dunia. Dan itu adalah target yang lebih besar bagi attackers (penyerang).

Sementara macOS kurang populer daripada Windows, yang berarti kurang menjadi target penyerang. Namun, macOS tidak kebal terhadap malware dan virus. Penting untuk selalu memperbarui Mac Anda dengan tambalan keamanan terbaru untuk melindunginya dari serangan.

 

4. Compatibility (kesesuaian)

Windows adalah sistem operasi yang paling kompatibel di dunia. Itu dapat menjalankan berbagai perangkat lunak, termasuk game, aplikasi produktivitas, dan perangkat lunak kreatif. MacOS juga kompatibel dengan banyak perangkat lunak, tetapi tidak sekompatibel Windows.

Jika Anda perlu menjalankan perangkat lunak tertentu, Anda perlu memastikan bahwa itu kompatibel dengan sistem operasi yang Anda gunakan. Dalam kebanyakan kasus, Windows akan menjadi opsi yang lebih kompatibel.

 

5. Harga

Windows dan macOS keduanya tersedia dalam berbagai titik harga. Windows umumnya lebih terjangkau daripada macOS. Namun, ada juga beberapa Mac kelas atas yang lebih mahal daripada PC Windows kelas atas.

Cara terbaik untuk menentukan sistem operasi mana yang tepat untuk Anda adalah dengan mempertimbangkan kebutuhan dan preferensi pribadi Anda. Jika Anda mencari sistem operasi yang terjangkau dengan berbagai kompatibilitas, Windows adalah pilihan yang bagus. Jika Anda mencari sistem operasi yang aman dan efisien dengan UI modern, macOS adalah pilihan yang bagus.

 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement