Senin 19 Jun 2023 11:52 WIB

Cuan Berbisnis Pakai ChatGPT, Ini Kiatnya

Dengan ChatGPT, pengguna menerjemahkan ide bisnis menjadi tujuan yang akan dicapai.

Rep: Santi Sopia/ Red: Natalia Endah Hapsari
Ada banyak cara untuk menghasilkan uang, dan melalui teknologi saat ini, seseorang memiliki peluang tak terbatas. Salah satunya melalui chatbot AI, ChatGPT./ilustrasi
Foto: Unsplash
Ada banyak cara untuk menghasilkan uang, dan melalui teknologi saat ini, seseorang memiliki peluang tak terbatas. Salah satunya melalui chatbot AI, ChatGPT./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Ada banyak cara untuk menghasilkan uang, dan melalui teknologi saat ini, seseorang memiliki peluang tak terbatas. Salah satunya melalui chatbot AI, ChatGPT milik OpenAI yang dikenalkan sejak November 2022 lalu.

Meskipun ada kekhawatiran tentang chatbot yang menggantikan manusia di berbagai bidang, semakin banyak profesional yang kini bereksperimen untuk menemukan cara baru menjalankan bisnis mereka dengan ChatGPT. Chatbot telah membantu jutaan profesional dan pelajar di seluruh dunia dengan kemampuannya.

Baca Juga

Jika berencana menggunakan chatbot untuk mengumpulkan beberapa ide bisnis dan meraih mendapatan, berikut tipsnya, seperti dikutip dari Indian Express, Senin (19/6/2023).

1. Miliki ide bisnis

Setelah punya keinginan menjadi entrepreneur, identifikasi apa yang sebenarnya ingin Anda lakukan. Chatbot juga dapat menjadi alat yang efisien dalam mendapatkan ide baru untuk bisnis serta menemukan cara untuk mendapatkan penghasilan pasif. Contohnya, pengguna bisa mengajukan pertanyaan dan chatbot akan menyajikan serangkaian pertanyaan untuk memahami keahlian dan keterampilan Anda.

2. Buat aplikasi, situs web, atau layanan Anda sendiri

Membuat aplikasi dan situs web Anda sendiri bisa jadi sangat penting bagi siapa saja yang ingin mendirikan bisnis sendiri. Kreasi OpenAI dapat berguna jika Anda perlu menerjemahkan ide Anda menjadi produk atau layanan nyata. Contohnya, pengguna menulis skrip Python untuk platform kebugaran kesehatan, dan harus memiliki opsi untuk menambahkan metrik yang diperlukan. Sebagai tanggapan, ChatGPT akan membagikan kode untuk membuat platform Anda sendiri.

3. Buat video untuk YouTube

Platform berbagi video bisa menjadi sumber pendapatan yang bagus. Namun, individu harus memiliki jumlah pelanggan dan jam menonton tertentu untuk mulai mendapatkan penghasilan dari platform melalui Program Mitra YouTube. Contoh petunjuk, minta saran dari ChatGPT tentang 10 kategori niche untuk YouTube yang harus dipertimbangkan untuk membuat video.

4. Copywriting

Ini bisa menjadi cara yang efektif untuk menghasilkan uang melalui Internet. Bagi siapa pun yang suka menulis, ada banyak peluang di luar sana. ChatGPT bisa bisa menjadi asisten bagi penulis lepas karena dapat membantu dalam mengoreksi, memeriksa tata bahasa dan tanda baca, dan bahkan menyelaraskan ide konten seseorang. Contohnya pengguna bisa menuliskan dulu sebanyak 300 kata tentang liburan musim panas.

5. Jadilah manajer SEO sendiri

Agar situs web apa pun menghasilkan lalu lintas, penting untuk memiliki kumpulan kata kunci yang tepat di halaman web Anda, baik itu dalam ringkasan, artikel, blog, atau teks alternatif gambar. ChatGPT dapat menjadi asisten Search Engine Optimization (SEO) yang efisien.

Contoh prompt: Beri saya kata kunci yang terkait dengan AI generatif. Sebagai tanggapan, bot akan membagikan kata kunci yang paling relevan dengan topik tertentu.

6. Menjadi tutor online

Pengajaran daring adalah cara hebat lainnya untuk mendapatkan sumber penghasilan tambahan. Jika Anda tidak yakin bagaimana memulainya, ChatGPT dapat membantu memberikan rencana pelajaran mendetail untuk sesi daring Anda.

Contoh prompt: Tulis rencana pelajaran untuk kelas tentang Mahatma Gandhi. Sebagai tanggapan, chatbot akan memberikan rencana harian terperinci untuk kelas dengan tujuan, materi, durasi, dan prosedur.

Dengan ChatGPT, pengguna dapat menerjemahkan ide bisnis menjadi tujuan yang dapat dicapai dan membangun berbagai pos pendapatan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement