Jumat 16 Jun 2023 16:28 WIB

Kesal Diteror Telepon Spam? Fitur iPhone Ini Bisa Membantu

Fitur Silence Unknown Callers bisa diaktifkan dengan sangat mudah.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Bagi pengguna iPhone, panggilan-panggilan spam yang mengganggu bisa dihalau dengan fitur Silence Unknown Callers./ilustrasi
Foto: iphone 14
Bagi pengguna iPhone, panggilan-panggilan spam yang mengganggu bisa dihalau dengan fitur Silence Unknown Callers./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Panggilan spam dari nomor telepon yang tak dikenal bisa terasa sangat mengganggu. Bagi pengguna iPhone, panggilan-panggilan spam yang mengganggu bisa dihalau dengan fitur Silence Unknown Callers.

Fitur Silence Unknown Callers pertama kali diperkenalkan Apple melalui pembaruan sistem operasi iOS 13 pada 2019. Dengan fitur ini, panggilan masuk dari semua nomor yang tak dikenal akan secara otomatis "terpental".

Baca Juga

Bila fitur ini digunakan, semua panggilan spam akan secara otomatis menjadi senyap. Namun kekurangannya, nomor-nomor bukan spam yang tak tersimpan di dalam ponsel pengguna juga akan mendapatkan perlakuan serupa.

Fitur Silence Unknown Callers bisa diaktifkan dengan sangat mudah oleh para pengguna iPhone. Seperti diungkapkan oleh Apple melalui laman resminya, fitur ini dapat diaktifkan dengan cara membuka menu pengaturan. Setelah itu, scroll layar agak ke bawah hingga menemukan menu Silence Unknown Callers. Tap menu tersebut untuk mengaktifkan fitur Silence Unknown Callers.

Seperti dilansir Mail Online pada Jumat (16/6), tak semua ponsel iPhone bisa menunjang fitur Silence Unknown Callers. Fitur ini tak dapat digunakan pada ponsel iPhone 6 Plus, iPhone 6, iPhone 5, dan seri-seri iPhone yang lebih lama dan sistem operasi di bawah iOS 13.

Perlu diketahui bahwa fitur Silence Unknown Callers hanya mensenyapkan panggilan dari nomor tak dikenal, namun tak memblokir nomor tersebut. Nomor-nomor tak dikenal itu masih bisa meninggalkan voicemail untuk pengguna ponsel. Hal ini memungkinkan nomor-nomor non spam yang tak dikenal untuk meninggalkan pesan yang mungkin penting bagi pengguna ponsel.

Selain itu, tak semua panggilan dari nomor tak dikenal akan disenyapkan. Terkadang, fitur ini akan membiarkan nomor tak dikenal melakukan panggilan masuk bila nomor tersebut berkaitan dengan surel atau pesan teks yang dikenali oleh Siri Suggestion.

Bila ingin benar-benar memblokir nomor tak dikenal, pengguna iPhone bisa memanfaatkan aplikasi dari pihak ketiga seperti Mr Number. Aplikasi seperti ini bisa secara otomatis memblokir nomor-nomor yang tak dikenal.

Pada versi iOS 17, Apple juga akan menambahkan fitur baru uang lebih canggih berkat Neural Engine milik Apple. Dengan pembaruan ini, pesan voicemail yang masuk akan tertranskrip secara live.

Sistem operasi iOS 17 turut menghadirkan fitur bernama Live Voicemail. Fitur ini memungkinkan pengguna iPhone untuk mendengarkan voicemail dari penelepon secara live sebelum memutuskan untuk mengangkat atau membiarkan panggilan masuk dari si penelepon itu. Fitur ini akan hadir bersamaan dengan iOS 17 yang akan dirilis pada September mendatang. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement