Kamis 15 Jun 2023 08:45 WIB

Google Search Kini Bisa Bantu Deteksi Kulit dan Tampilan Pakaian

Google Search mengedepankan teknologi AI dalam fitur pencariannya.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Nora Azizah
Google Search mengedepankan teknologi AI dalam fitur pencariannya.
Foto: Pexels
Google Search mengedepankan teknologi AI dalam fitur pencariannya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Google telah mengumumkan banyak pembaruan pada pencariannya, mulai dari perencanaan perjalanan hingga belanja pakaian. Salah satu pembaruan yang menarik perhatian adalah deteksi kondisi kulit.

Kini Google Lens dapat mengidentifikan hal-hal yang berkaitan dengan kulit Anda. Untuk mengujinya, Anda cukup mengunggah gambar ke Lens. Pembaruan ini mungkin bagus untuk menentukan apakah Anda misalnya memiliki gigitan kutu. Namun, perlu diingat, jika Anda merasakan ada yang berbeda dengan kulit Anda, segeralah periksa ke dokter.

Baca Juga

Selain itu, Google juga meningkatkan opsi pencariannya untuk mempermudah menemukan apa yang Anda inginkan saat berbelanja daring. Kini Anda dapat menelusuri berdasarkan filter seperti gaya, warna, dan pola di seluruh retailer.

Ketika Anda sudah menemukan apa yang Anda cari, Google berusaha memecahkan masalah selanjutnya, yaitu bagaimana penampilan Anda. Untuk mengatasinya, Google merilis alat uji coba virtual baru yang menunjukkan seperti apa tampilannya pada sejumlah model.

Program ini menggunakan teknik kecerdasan buatan (AI) generatif untuk menunjukkan kesesuaian dan tampilan kain. Saat ini, fitur hanya tersedia saat berbelanja atasan di pengecer tertentu seperti H&M, Everlane, Anthropologie, dan Loft.

Google juga merilis beberapa fitur baru yang berpusat pada perjalanan. Sebagai permulaan, Google memperluas Immersive View, alat yang memungkinkan Anda menjelajahi model 3D kota. Immersive View sudah ada di sejumlah kota seperti, Tokyo dan New York.

Pengguna iOS atau Android juga dapat menggunakan fitur yang memungkinkan Anda mengikuti perjalanan langsung dari ikhtisar rute atau layar kunci Anda. Glanceable directions menyediakan pembaruan Estimated Time of Arrival (ETA) dan instruksi untuk berjalan, bersepeda, atau mengemudi.

Dilansir Engadget, Kamis (15/6/2023), versi desktop Google Maps juga memperbarui bagian Recents untuk meningkatkan perencanaan perjalanan dan memungkinkan Anda mengerjakan beberapa rencana perjalanan sekaligus menyimpan semuanya ke sorotan Anda.

Sehubungan dengan perencanaan perjalanan, Anda juga dapat mengakses ringkasan yang dihasilkan AI tentang berbagai lokasi dari artikel, ulasan, dan foto. Ini tersedia melalui Search Labs, pusat pengujian Google yang dibuka untuk umum pada bulan Mei.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement