Senin 12 Jun 2023 15:06 WIB

Deretan Fitur iOS 17 Baru yang Banyak Ditunggu

Pada bulan September, iOS 17 akan dirilis ke masyarakat umum,

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Natalia Endah Hapsari
Penggemar Apple sangat menantikan pembaruan perangkat lunak utama, yakni iOS 17, yang menjanjikan untuk menghadirkan sejumlah fitur dan perubahan baru bagi pengguna iPhone.
Foto: AP Photo/Jeff Chiu
Penggemar Apple sangat menantikan pembaruan perangkat lunak utama, yakni iOS 17, yang menjanjikan untuk menghadirkan sejumlah fitur dan perubahan baru bagi pengguna iPhone.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Penggemar Apple sangat menantikan pembaruan perangkat lunak utama, yakni iOS 17, yang menjanjikan untuk menghadirkan sejumlah fitur dan perubahan baru bagi pengguna iPhone. Setelah iOS 17 diumumkan di WWDC 2023, Apple tidak akan membuang waktu dan segera merilis versi beta dari pembaruan untuk pengembang.

Setelah itu, pada bulan Juli, beta publik akan tersedia bagi semua pengguna iPhone untuk dicoba dan memberikan respons yang berharga. Terakhir, pada bulan September, iOS 17 akan dirilis ke masyarakat umum, bertepatan dengan peluncuran jajaran iPhone 15 dan iPhone 15 Pro baru yang sangat dinantikan.

Baca Juga

Apa Saja Fitur Baru iOS 17 ?

Meskipun kebocoran produk perangkat keras biasa terjadi, kebocoran perangkat lunak relatif jarang terjadi, karena Apple mengontrol pengungkapan informasi dengan ketat. Namun demikian, rumor menunjukkan bahwa iOS 17 akan membawa pembaruan yang relatif sederhana dalam hal fitur-fitur baru, dengan fokus perubahan “menyenangkan”

Dilansir dari Ghacks, Bloomberg melaporkan bahwa iOS 17, bersama dengan platform perangkat lunak Apple lainnya menjadi kurang penting karena perusahaan mendedikasikan sumber dayanya untuk pengembangan headset AR/VR.

 

Pusat kendali yang diubah

Salah satu fitur yang diantisipasi di iOS 17 adalah desain ulang Control Center yang signifikan. Control Center, yang menyediakan akses cepat ke pengaturan dan antarmuka “Now Playing”, telah mengalami sedikit perubahan sejak diperkenalkan di iOS 11. Namun, rumor menyebutkan bahwa iOS 17 akan memperkenalkan “perubahan besar” untuk meningkatkan fungsionalitas, melayani permintaan lama pengguna.

Selain laporan perombakan Control Center dari Wall Street Journal menunjukkan bahwa iOS 17 akan memperkenalkan aplikasi penjurnalan baru. Aplikasi ini diharapkan dapat mengintegrasikan data dari berbagai aplikasi Apple, termasuk Find My Device, dan menggabungkan kemampuan berbasi lokasi untuk membedakan antara kontak pribadi dan profesional, sehingga meningkatkan pengalaman jaringan. iOS 17 juga dikabarkan akan membawa pembaruan ke aplikasi Find My dan Wallet.

 

Pembaruan aplikasi kesehatan (Health)

Penyempurnaan di aplikasi Health juga akan segera hadir dengan iOS 17. Kemampuan pelacakan suasana hati dan emosi akan diperkenalkan, memungkinkan pengguna mencatat suasana hati mereka, menjawab pertanyaan tentang hari mereka, dan mengamati perubahan dari waktu ke waktu. Apple memiliki rencana ambisius untuk menggunakan algoritma untuk menentukan suasana hati pengguna berdasarkan pola ucapan, kata yang diketik, dan data perangkat lainnya.

 

Pencarian sampingan (sideloading side quest) iOS 17

Menanggapi Undang-Undang Pasar Digital, iOS 17  dilaporkan akan memperkenalkan side-loading dan akses ke toko aplikasi pihak ketiga untuk iPhone di Uni Eropa. Meskipun langkah ini bertujuan untuk memenuhi persyaratan peraturan, Apple diharapkan menerapkan langkah-langkah yang membuat akses toko aplikasi pihak ketiga lebih terlibat.

Fitur-fitur ini akan eksklusif untuk Uni Eropa, tanpa rencana untuk memperluasnya ke Amerika Serikat (AS) atau negara lain. Yang ini pasti yang paling menarik di antara fitur iOS 17 yang baru.

 

Perubahan pada layar smart

Memperluas fitur Always-On display dari iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max, iOS 17 akan memperkenalkan antarmuka “smart screen” yang aktif saat perangkat dalam orientasi lanskap dan mengisi daya. Antarmuka ini akan menampilkan informasi yang berguna seperti janji temu kalender, pembaruan cuaca, dan pemberitahuan, menyerupai fungsi tampilan rumah pintar.

 

SharePlay

Terakhir, iOS 17 akan membawa pembaruan ke SharePlay. Ini memungkinkan streaming acara TV, film, dan konten lainnya secara bersamaan di antara pengguna iPhone dan iPad. Apple juga terlibat dalam diskusi dengan hotel dan perusahaan lain untuk membuat AirPlay lebih mudah diakses, memungkinkan pengguna untuk dengan mudah mengirimkan video dan audio ke perangkat yang tidak mereka miliki.

 

Perangkat yang didukung untuk iOS 17

Ada laporan mengungkapkan rumor yang bertentangan mengenai perangkat yang akan mendukung iOS 17. Satu klaim menyatakan bahwa iOS 17 akan menghentikan dukungan untuk perangkat tertentu, termasuk iPhone 8, iPhone 8 Plus, iPhone X, iPad (generasi kelima), iPad Pro 9,7 inci dan 12,9 inci (generasi pertama). Namun, sumber lain menunjukkan bahwa semua perangkat yang saat ini didukung oleh iOS 16 akan terus menerima dukungan di iOS 17, mengutip anggota tim pengembangan iOS Apple yang tidak disebutkan namanya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement