Jumat 09 Jun 2023 11:48 WIB

WhatsApp Luncurkan Fitur yang Bikin Foto Beresolusi Tinggi tidak Pecah

Fitur HD ini menjamin foto yang dikirim tidak akan diturunkan kualitasnya.

Kini WhatsApp sedang menguji kemampuan untuk mengirim foto beresolusi tinggi.
Foto: ANTARA/Muhammad Adimaja
Kini WhatsApp sedang menguji kemampuan untuk mengirim foto beresolusi tinggi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Mengirim foto kepada teman, keluarga atau bahkan rekan kerja melalui WhatsApp sudah sangat umum dilakukan. Tetapi para pengguna pasti pernah merasakan bagaimana frustasinya menerima foto dalam kondisi lebih buram atau pecah.

Secara default, WhatsApp memang mengurangi kualitas foto yang dikirim hingga 70 persen. Hal ini tentu sangat menjengkelkan, terutama jika pengguna berencana untuk berbagi foto di platform lain, seperti Instagram

Baca Juga

Kini WhatsApp sedang menguji kemampuan untuk mengirim foto beresolusi tinggi melalui platform ini. Menurut WABetaInfo, fitur yang dinamakan HD ini diyakini akan meningkatkan pengalaman pengguna saat mengirim foto. "Fitur ini akan diluncurkan ke beberapa penguji beta,” demikian kata WABetaInfo seperti dilansir dari Daily Mail, Jumat (9/6/2023).

WABetaInfo melihat fitur baru ini dalam versi beta terbaru WhatsApp untuk iOS dan Android - iOS 23.11.0.76 dan Android 2.23.12.13.  Namun, versi beta WhatsApp memiliki opsi untuk menyesuaikan kualitas foto saat mengirim gambar.

“Seperti yang Anda lihat di tangkapan layar ini, Anda bisa memilih kualitas yang lebih baik saat mengirim foto, dan opsi ini hanya muncul ketika Anda memilih foto berukuran besar,” kata WABetaInfo saat membagikan tangkapan layar dari fitur tersebut.

Secara default, foto masih akan dikirim dalam 'kualitas standar' (Standard quality), tetapi pengguna akan memiliki opsi untuk memilih opsi HD yang baru. "Perhatikan bahwa ini bukan berarti Anda dapat mengirim foto dalam kualitas aslinya karena opsi ini mempertahankan dimensi gambar, tetapi kompresi ringan masih diterapkan pada gambar," jelas WABetaInfo.

Ketika sebuah foto dikirim sebagai HD, foto tersebut akan ditandai sebagai foto berkualitas tinggi melalui tag pada pesan. Namun, belum jelas kapan opsi foto HD baru ini akan diluncurkan ke semua pengguna.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement