Rabu 07 Jun 2023 15:40 WIB

Masih Pakai iPhone 8 dan X? Siap-siap tak Didukung iOS 17

iPhone harus memiliki chip A12 Bionic atau yang lebih baru untuk instal OS baru.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Natalia Endah Hapsari
Apple akan merilis sistem operasi terbaru untuk berbagai produknya pada musim gugur ini.
Foto: AP Photo/Rafiq Maqbool
Apple akan merilis sistem operasi terbaru untuk berbagai produknya pada musim gugur ini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Apple akan merilis sistem operasi terbaru untuk berbagai produknya pada musim gugur ini. Seperti biasa, perusahaan akan meninggalkan beberapa perangkat generasi lama di pinggir jalan.

Dilansir dari laman Engadget, Rabu (7/6/2023), jika Anda masih menggunakan iPhone 8, iPhone 8 Plus atau iPhone X, Anda tidak akan dapat memperbaruinya ke iOS 17. Dengan kata lain, iPhone Anda harus memiliki chip A12 Bionic atau yang lebih baru untuk menginstal OS baru. Jika Anda memiliki iPhone XR, XS, XS Max, iPhone SE (generasi kedua) atau lebih baru, Anda akan memiliki akses ke fitur-fitur termasuk transkrip Live Voicemail, mode tampilan StandBy, dan terakhir koreksi otomatis yang lebih baik.

Baca Juga

Apple menambahkan layar kunci yang dapat disesuaikan, aplikasi Health, widget interaktif, dan banyak lagi ke iPad. Sayangnya, orang yang menggunakan iPad generasi kelima atau iPad Pro 12,9 inci generasi pertama tidak akan dapat menginstal iPadOS 17.

Berikut daftar tablet yang akan didukung iPad (generasi ke-6 dan lebih baru), iPad mini (generasi ke-5 dan lebih baru), iPad Air (generasi ke-3 dan lebih baru), iPad Pro 12,9 inci (generasi ke-2 dan lebih baru), iPad Pro 10,5 inci dan iPad Pro 11 inci (generasi ke-1 dan lebih baru).

Bagi pengguna Apple Watch, ada kabar baik. Apple terus mendukung semua perangkat yang menjalankan watchOS 9. Jika Anda memiliki Apple Watch Series 4 atau lebih baru, Anda dapat menggunakan watchOS 10 , yang lebih fokus pada widget. Ada peningkatan pada aplikasi Cycling dan Compass, bersama dengan banyak pembaruan lainnya.

Widget juga hadir di Mac melalui macOS Sonoma. Bersamaan dengan fitur lainnya, sistem operasi desktop dan laptop akan menampilkan Game Mode baru yang mengutamakan kinerja CPU dan GPU untuk menghasilkan framerate yang lebih tinggi di setiap game. Mac berikut akan mendukung macOS Sonoma, iMac (2019 dan lebih baru) Mac Pro (2019 dan lebih baru)، iMac Pro (2017), Mac Studio (2022 dan lebih baru), MacBook Air (2018 dan lebih baru)، Mac mini (2018 dan lebih baru), dan MacBook Pro (2018 dan lebih baru).

Pembaruan besar tahun lalu, macOS Ventura, kompatibel dengan iMac 2017 dan lebih baru, Mac Pro 2019 dan lebih baru, iMac Pro 2017, Mac mini 2018 dan lebih baru, MacBook Air 2018 dan lebih baru, MacBook Air 2017 dan lebih baru, dan MacBook Pro 2017 dan lebih baru.

Selain itu, tvOS 17 akhirnya akan membawa FaceTime ke Apple TV. Fitur baru lainnya termasuk cara menemukan remote yang salah tempat dengan bantuan iPhone Anda. Sistem operasi akan tersedia di Apple TV 4K dan Apple TV HD.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement