Rabu 07 Jun 2023 13:28 WIB

Hati-Hati Para Chef, Robot Ini Bisa Masak Setelah Nonton Video Tutorial Kuliner

Para peneliti di University of Cambridge berhasil merancang robot koki.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Natalia Endah Hapsari
 Para peneliti di University of Cambridge berhasil merancang robot koki yang bisa memasak dan menyiapkan hidangan yang sempurna dengan hanya menonton video tutorial masak. (ilustrasi)
Foto: VOA
Para peneliti di University of Cambridge berhasil merancang robot koki yang bisa memasak dan menyiapkan hidangan yang sempurna dengan hanya menonton video tutorial masak. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Para peneliti di University of Cambridge berhasil merancang robot koki yang bisa memasak dan menyiapkan hidangan yang sempurna dengan hanya menonton video tutorial masak. Dengan menggunakan AI yang canggih, robot ini dapat mengetahui dari setiap frame objek apa yang dilihatnya, seperti sayuran, tangan, atau pisau dan bagaimana objek tersebut digunakan.

Seiring waktu, robot ini kemudian dapat mengidentifikasi bahan mana yang paling cocok untuk dipadukan, bahkan menunjukkan ketika koki manusia mungkin menggunakan jumlah yang salah. Koki robot telah ditampilkan dalam fiksi ilmiah selama beberapa dekade, tetapi pada kenyataannya, memasak adalah masalah yang menantang bagi robot.

Baca Juga

Beberapa perusahaan komersial telah membuat prototipe robot koki, meskipun saat ini belum ada yang tersedia secara komersial, dan keterampilan mereka masih jauh tertinggal dari manusia.

“Kami ingin melihat apakah kami dapat melatih koki robot untuk belajar dengan cara yang sama seperti yang dilakukan oleh manusia, yaitu dengan mengidentifikasi bahan-bahan makanan dan bagaimana bahan-bahan tersebut dipadukan dalam hidangan. Sungguh menakjubkan betapa banyak nuansa yang dapat dideteksi oleh robot tersebut,” kata peneliti studi, Grzegorz Sochacki, seorang mahasiswa PHD dari Laboratorium Bio-Inspired Robotics Cambridge.

Meski demikian, Sochacki mengakui bahwa saat ini robot ciptaannya masih memiliki keterbatasan. Misalnya, robot tidak bisa mengikuti video resep makanan yang tengah viral di media sosial.

“Namun, seiring dengan semakin baiknya dan cepatnya robot koki ini dalam mengidentifikasi bahan-bahan dalam video makanan, mereka mungkin bisa menggunakan situs seperti Youtube untuk mempelajari berbagai macam resep,” kata Sochacki seperti dilansir dari Daily Mail, Rabu (7/6/2023).

Sochacki berharap studi yang dipublikasikan di jurnal IEEE Access ini akan memungkinkan penggunaan robot koki yang lebih mudah dan lebih murah.

Dalam mengajarkan robot koki memasak, para peneliti pertama-tama membuat buku masak berisi delapan resep salad sederhana dan merekam diri mereka sendiri saat membuatnya. Robot koki yang dilatih dengan jaringan saraf tiruan, yang pada dasarnya meniru cara kerja otak manusia, kemudian menonton 16 video tersebut.

Dengan mengidentifikasi bahan-bahan dan tindakan koki manusia, robot ini kemudian dapat menentukan dengan benar 93 persen dari waktu apa yang sedang disiapkan. Robot ini juga dapat mendeteksi sedikit variasi dalam resep, seperti porsi ganda.

Penelitian ini sebagian didukung oleh Beko plc dan Engineering and Physical Sciences Research Council (EPSRC), bagian dari UK Research and Innovation (UKRI).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement