Selasa 06 Jun 2023 09:59 WIB

Google Bard Mendapatkan Satu Fitur Paling Penting, Apa Itu?

Google Bard sekarang dapat menggunakan lokasi akurat perangkat pengguna.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Natalia Endah Hapsari
Google telah menambahkan dukungan lokasi yang tepat ke kecerdasan buatan (AI) chatbot  Bard-nya.
Foto: AP Photo/Michel Euler
Google telah menambahkan dukungan lokasi yang tepat ke kecerdasan buatan (AI) chatbot Bard-nya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—Saingan ChatGPT, Google Bard, telah mendapat pembaruan paling mutakhir. Ini dapat disebut sebagai salah satu fitur baru yang ‘paling penting’.

Google telah menambahkan dukungan lokasi yang tepat ke kecerdasan buatan (AI) chatbot  Bard-nya. Tujuannya adalah untuk mendapatkan “tanggapan yang lebih relevan” dari chatbot.

Baca Juga

Dilansir dari Gadgets Now, Selasa (6/6/2023), ini berarti Google Bard sekarang dapat menggunakan lokasi akurat perangkat pengguna untuk memberikan hasil lokal yang lebih baik untuk pernyataan mereka. Saat Anda membuka Google Bard, dialog pop up mungkin muncul yang berbunyi, “Untuk mendapatkan respons yang lebih relevan, Anda juga dapat memilih untuk membiarkan Bard menggunakan lokasi akurat perangkat Anda.”

Mengenai alasannya, Google mengatakan bahwa “Lokasi yang tepat membantu Bard memberikan tanggapan yang lebih relevan tentang restoran di dekat Anda dan banyak hal lain tentang area Anda.”

Lantas mengapa ini penting? Pencarian lokal adalah penggerak bisnis yang sangat besar bagi banyak bisnis kecil dan lokal. Jika orang menggunakan Google Bard untuk menemukan tempat untuk berkeliling menemukan toko, dan sebagainya, hal ini dapat membantu mendorong lalu lintas tambahan ke bisnis tersebut.

Misalnya, jika Anda bertanya kepada Bard “Apa saja restoran terbaik di dekat saya?”, Bard sekarang dapat menampilkan daftar restoran yang sebenarnya terletak di dekat lokasi Anda saat ini.

Kemudian, fitur dukungan lokasi yang tepat saat ini sedang dalam pengujian beta. Bulan lalu, Google merilis pembaruan baru Bard, Google membawa gambar ke bard.

Perusahaan itu mengatakan bahwa dimulai dengan tanggapan bahasa Inggris, Bard sekarang dapat membawa gambar dari Google Search, sehingga Anda bisa mendapatkan tanggapan yang bermanfaat dengan visual.

“Anda juga dapat meminta gambar secara langsung kepada Bard. Bard akan menunjukkan sumber untuk setiap gambar,” ujar Google.

Google juga bulan lalu menghapus daftar tunggu dan membuka chatbot AI ke lebih dari 180 negara dan wilayah, termasuk India, setelah awalnya meluncurkan Bard di Inggris Raya (UK) dan Amerika Serikat (AS).

Selain bahasa Inggris, Bard sekarang tersedia dalam bahasa Jepang dan Korea, dan perusahaan mengatakan akan segera mendukung 40 bahasa. Google membuat pengumuman pada konferensi pengembang tahunan Google I/O 2023.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement