Jumat 02 Jun 2023 12:15 WIB

Jepang Punya Ide Meluncurkan Satelit dari Kayu, Bagaimana Caranya?

Kayu terbukti sangat tangguh bahkan di lingkungan luar angkasa.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Natalia Endah Hapsari
Satu tim peneliti asal Jepang ingin menempatkan satelit kayu ke orbit./ilustrasi
Foto: techgenie.com
Satu tim peneliti asal Jepang ingin menempatkan satelit kayu ke orbit./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Sebuah tim peneliti ingin menempatkan satelit kayu ke orbit. Hasil dari tes baru-baru ini di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS), yang memaparkan kayu yang berbeda ke ruang hampa udara, telah dikonfirmasi oleh tim peneliti proyek di Kyoto University, Jepang.

Dilansir dari Space, Jumat (2/6/2023), temuan menunjukkan bahwa kayu sangat tangguh, bahkan di lingkungan luar angkasa.

Baca Juga

“Meskipun lingkungan luar angkasa yang ekstrem melibatkan perubahan suhu yang signifikan dan paparan sinar kosmik yang intens dan partikel matahari yang berbahaya selama 10 bulan, tes memastikan tidak ada dekomposisi atau deformasi, seperti retak, bengkok, terkelupas, atau kerusakan permukaan,” kata siaran pers Kyoto University baru-baru ini.

Eksperimen tersebut berfungsi sebagai penyelidikan awal untuk kemitraan internasional LignoSat yang dipimpin Kyoto University, yang merancang satelit kayu yang dijadwalkan akan diluncurkan bersama oleh badan antariksa Jepang (JAXA) dan NASA sekitar tahun depan.

LignoSat Space Wood Project dimulai pada April 2020, sebagai kolaborasi antara Kyoto University dan Sumitomo Forestry. Kepala Upaya Penelitian Kayu Luar Angkasa Koji Murata mengatakan, dalam siaran pers tahun 2021, bahwa kemampuan kayu untuk menahan kondisi simulasi orbit rendah bumi-atau LEO-mengejutkan mereka.

“Kami ingin melihat apakah kami dapat secara akurat memperkirakan efek lingkungan LEO yang keras terhadap bahan organik,” ujar Koji Murata.

Untuk menguji efek tersebut, sebuah panel kecil yang berisi tiga sampel kayu berbeda diluncurkan ke ISS untuk disimpan di stasiun milik Japanese Experimental Kibo Module tersebut, di mana panel tersebut terpapar ke luar angkasa selama 10 bulan pada 2022. Panel kayu tersebut diambil oleh astronaut JAXA Koichi Wakata dan kembali ke Bumi dengan pesawat ruang angkasa kargo CRS-26 SpaceX pada Januari 2023, dan para ilmuwan proyek memuji keberhasilannya.

Dari kayu-kayu yang diuji, tim LignoSat memilih untuk melanjutkan proyek dengan menggunakan kayu dari pohon Magnolia. Ini karena “daya kerja yang relatif tinggi, stabilitas dimensi dan kekuatan secara keseluruhan,” menurut rilis tersebut.

Jika pada kenyataannya kayu berubah menjadi alternatif yang benar-benar layak untuk pembuatan satelit, itu memang memiliki beberapa manfaat potensial dibandingkan dengan paduan logam biasa yang digunakan dalam konstruksi saat ini. Pertama, ini lebih ramah lingkungan, secara keseluruhan. Lebih mudah, lebih murah, dan lebih bersih untuk diproduksi, dan jauh lebih mudah dibuang jika menyangkut akhir masa pakai satelit.

Saat dideorbit, satelit dan komponen penyusunnya biasanya terbakar sebagian besar, jika tidak seluruhnya, di atmosfer bumi. Bagian-bagian yang tidak terbakar secara strategis dideorbit untuk diceburkan ke bagian-bagian laut yang terpencil.

Satelit kayu pasti akan benar-benar terbakar selama masuk kembali ke atmosfer, dan jika beberapa potongan kecil kayu yang bisa tetap utuh saat proses tersebut, mereka akan dengan mudah membusuk di mana pun mereka mendarat di Bumi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement