Kamis 01 Jun 2023 18:31 WIB

Mode Companion WhatsApp untuk iPhone, Bagaimana Cara Pakainya?

Beragam fitur baru bisa digunakan pengguna iOS setelah memperbarui WhatsApp.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Aplikasi berpesan WhatsApp telah menghadirkan Companion Mode untuk pengguna ponsel iPhone.
Foto: Unsplash
Aplikasi berpesan WhatsApp telah menghadirkan Companion Mode untuk pengguna ponsel iPhone.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aplikasi berpesan WhatsApp telah menghadirkan Companion Mode untuk para pengguna Android. Kini, mode serupa sudah diluncurkan untuk para pengguna ponsel iPhone.

Companion Mode atau Mode Pendamping memungkinkan satu akun WhatsApp terhubung ke banyak ponsel. Jumlah maksimal ponsel yang bisa terhubung pada satu akun yang sama adalah empat buah. Dengan fitur ini, pengguna WhatsApp bisa membuka satu akun mereka dari ponsel pribadi maupun ponsel kerja.

Baca Juga

Untuk menggunakan Companion Mode, pengguna perlu memperbarui aplikasi WhatsApp mereka ke versi terbaru. Setelah itu, lakukan tiga langkah berikut:

1. Buka aplikasi WhatsApp dari ponsel utama.

2. Tap simbol tiga titik yang ada di pojok kanan atas lalu pilih opsi 'Linked Devices' atau 'Perangkat Tertaut'.

3. Buka barcode pada ponsel lain, lalu pindai barcode tersebut menggunakan ponsel utama, Companion Mode telah aktif.

 

Setelah ponsel utama dan ponsel lain terhubung, pengguna bisa mengakses notifikasi, foto, hingga pesan WhatsApp melalui ponsel lain. Namun, perlu diketahui, bila ponsel utama kehilangan koneksi internet, akun WhatsApp akan secara otomatis keluar dari ponsel-ponsel sekunder.

Selain itu, tak semua aktivitas pada WhatsApp bisa dilakukan melalui ponsel sekunder. Aktivitas seperti mengirimkan pesan broadcast dan memperbarui status hanya bisa dilakukan melalui ponsel utama, seperti dilansir GizChina.

Companion Mode untuk ponsel iPhone telah tersedia pada versi terbaru WhatsApp, 23.10.76. Akan tetapi, peluncuran ini akan berlangsung secara bertahap. Pengguna iPhone yang sudah bisa menggunakan Companion Mode akan menerima pembaruan dalam waktu sepekan.

Selain Companion Mode, ada beberapa fitur lain yang juga dihadirkan oleh WhatsApp untuk gawai iOS. Sebagian dari fitur tersebut adalah GIF auto-playback dan membuat jadwal telepon WhatsApp menggunakan kalender iOS.

WhatsApp versi terbaru juga memungkinkan pengguna gawai iOS untuk menyimpan pesan ketika menggunakan fitur disappearing message atau pesan hilang. Beragam fitur baru ini bisa digunakan dengan mudah oleh para pengguna iOS setelah memperbarui aplikasi WhatsApp mereka. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement