Ahad 28 May 2023 10:46 WIB

Ini Bocoran Kurang Menyenangkan dari iPhone 15 Pro Max

Tak semua bocoran ini membawa kabar baik bagi para pengguna setia Apple.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Seri premium  iPhone ini mungkin akan memiliki kamera yang sama dengan iPhone 14 Pro Max. Display yang akan digunakan pada iPhone 15 Pro Max pun kemungkinan sama seperti iPhone 14 Pro Max.
Foto: Gizchina
Seri premium iPhone ini mungkin akan memiliki kamera yang sama dengan iPhone 14 Pro Max. Display yang akan digunakan pada iPhone 15 Pro Max pun kemungkinan sama seperti iPhone 14 Pro Max.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Bocoran mengenai rangkaian seri iPhone 15 terus bermunculan seiring dengan semakin dekatnya jadwal peluncuran. Akan tetapi, tak semua bocoran ini membawa kabar baik bagi para pengguna setia Apple.

Dalam bocoran terbaru misalnya, Apple sempat mengungkapkan bahwa mereka akan menghadirkan sejumlah upgrade atau peningkatan yang eksklusif pada iPhone 15 Pro Max. Namun, untuk melakukan peningkatan tersebut, iPhone 15 Pro Max kemungkinan akan memiliki komponen yang sama seperti generasi sebelumnya.

Baca Juga

Bocoran tersebut mengungkapkan bahwa seri premium iPhone ini mungkin akan memiliki kamera yang sama dengan iPhone 14 Pro Max. Display yang akan digunakan pada iPhone 15 Pro Max pun kemungkinan sama seperti iPhone 14 Pro Max.

Kamera

Seperti dilansir GizChina, bocoran terbaru ini diungkapkan oleh sosok pemberi bocoran bereputasi baik, Revegnus. Sebelumnya, sempat beredar rumor bahwa iPhone 15 Pro Max akan dilengkapi dengan Sony Exmor IMX903 pada kamera utamanya. Namun, berdasarkan informasi yang diungkapkan Revegnus, iPhone 15 Pro Max akan memiliki sensor utama 48MP seperti iPhone 14 Pro Max, yaitu IMX803.

Rumor penggunaan Sony Exmor IMX903 dalam ponsel terbaru Apple tak sepenuhnya salah. Exmor IMX903 kemungkinan akan hadir dalam seri iPhone 16 Pro Max yang diprediksi akan rilis pada pengujung 2024.

Technophile Abid Ahsan Shanto mengatakan, peningkatan kamera pada suatu ponsel perlu disertai dengan peningkatan perangkat lunak. Pertimbangan inilah yang mungkin melatarbelakangi Apple untuk menunda peningkatan sensor kamera pada iPhone 15 Pro Max.

Meski tak melakukan peningkatan sensor kamera, Shanto memprediksi Apple akan menghadirkan perangkat lunak terbaru yang mampu membuat kinerja IMX803 lebih baik. Bila langkah ini benar-benar diterapkan oleh Apple, iPhone 15 Pro Max bisa memiliki fitur kamera eksklusif dan berbeda dari iPhone 14 Pro Max meski menggunakan sensor kamera yang sama.

 Display

Revegnus juga mengungkapkan bahwa iPhone 15 Pro Max memiliki display yang sama seperti iPhone 15 Pro Max, yaitu panel M12. Namun, keputusan ini sebenarnya bukan hal yang buruk. Seperti diketahui, display M12 telah dinobatkan sebagai display ponsel pintar terbaik oleh DisplayMate.

Performa M12 yang prima pada iPhone 14 Pro Max membuat ponsel ini mampu bersaing dengan baik melawan kompetitor lain. Oleh karena itu, peningkatan display pada iPhone 15 Pro Max masih belum diperlukan.

Tak hanya itu, penggunaan display lama pada iPhone 15 Pro Max juga dapat membantu memangkas biaya produksi. Dengan begitu, harga jual yang diberikan kepada pelanggan mungkin bisa lebih ditekan.

 

Fitur Terkonfirmasi

Sejauh ini, beragam info yang beredar seputar iPhone 15 Pro Max masih berstatus rumor. Hanya ada satu informasi mengenai peningkatan eksklusif pada iPhone 15 Pro Max yang telah terkonfirmasi.

Peningkatan tersebut berkaitan dengan chipset yang akan digunakan pada iPhone 15 Pro Max. Ponsel iPhone 15 Pro Max akan dimotori oleh A17 Bionic SoC yang sudah mulai diproduksi secara massal oleh TSMC. Chipset ini mampu mengoptimalkan performa dan baterai ponsel secara keseluruhan. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement