Sabtu 27 May 2023 06:50 WIB

TikTok Uji Coba Chatbot, Bisa Jawab Pertanyaan dengan Video

TikTok akan memiliki chatbot asisten kecerdasan buatan yang disebut 'Tako'.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Nora Azizah
TikTok sedang menguji chatbot kecerdasan buatan (AI) yang menjawab pertanyaan dengan video.
Foto: AP Photo/Michael Dwyer
TikTok sedang menguji chatbot kecerdasan buatan (AI) yang menjawab pertanyaan dengan video.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- TikTok sedang menguji chatbot kecerdasan buatan (AI) yang menjawab pertanyaan dengan video. Aplikasi media sosial itu  memiliki asisten AI-nya sendiri yang disebut Tako.

Seperti pendahulunya, Tako dapat menghasilkan tanggapan yang terdengar seperti manusia terhadap pertanyaan Anda. Tako  juga dapat merekomendasikan video dan pembuat konten berdasarkan pertanyaan Anda dan klip yang telah Anda tonton sebelumnya.

Baca Juga

Menurut Reuters, dilansir dari Evening Standard, Jumat (26/5/2023), aplikasi video sedang menguji fitur baru pada pengguna di Filipina.

Tako bisa menjadi alat yang ampuh untuk TikTok. Aplikasi ini sudah menjadi mesin pencari defacto di tangan basis penggunanya yang masih muda yang menggunakannya untuk menjelajahi informasi tentang segala hal mulai dari produk kecantikan hingga restoran.

Tidak seperti Google, yang juga sedang dalam proses menambahkan tanggapan bertenaga AI ke mesin pencarinya, TikTok memberikan hasil dalam bentuk klip yang dibuat oleh manusia, bukan situs web biasa.

Memasukkan chatbot ke dalam basis data videonya yang besar dapat membantu perusahaan mempelajari lebih lanjut tentang kebiasaan penggunanya. Ini akan membantunya menyempurnakan algoritme adiktifnya sesuai selera mereka.

Namun, itu juga berisiko membuat basis penggunanya ranking jika penerapannya terlalu kuat, seperti yang baru-baru ini dipelajari Snapchat dengan peluncuran chatbot My AI yang kontroversial.

Selama fase uji coba, Tako dapat ditemukan di sisi kanan layar video di TikTok. Ikonnya yang mirip hantu ditempatkan secara mencolok di atas tombol lain yang memungkinkan Anda berinteraksi dengan klip.

Untuk saat ini, sepertinya Anda hanya bisa mengetik untuk mengirim pesan ke bot. Sebagai perbandingan, baik ChatGPT dan Bing memungkinkan Anda untuk berbicara dengan mereka menggunakan suara Anda, seperti yang Anda lakukan dengan asisten digital seperti Alexa dan Siri.

TikTok mengajukan merek dagang untuk teknologi tersebut di Amerika Serikat pada bulan April yang menggambarkannya sebagai perangkat lunak komputer untuk memfasilitasi interaksi dan komunikasi antara manusia dan AI. Mungkin mengisyaratkan kemampuannya di masa depan, pengarsipan itu juga mengatakan hal tersebut dapat digunakan untuk produksi buatan ucapan dan teks manusia.

Di sisi lain, perusahaan lain, termasuk Spotify, sudah menggunakan AI generatif untuk meniru suara manusia. Pada saat yang sama perusahaan rekaman berjuang melawan munculnya musik deepfake yang terdengar seperti dinyanyikan oleh The Weeknd atau Drake, di antara artis lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement