Senin 22 May 2023 17:54 WIB

Waspadalah, Tahun 2027 Diprediksi Jadi Tahun Terpanas, Apa yang akan Terjadi?

Tahun terpanas dalam catatan sejarah akan terjadi pada 2027.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Natalia Endah Hapsari
Jutaan orang di seluruh dunia diperingatkan untuk mempersiapkan diri. Pasalnya tahun terpanas dalam catatan sejarah akan terjadi pada tahun 2027./ilustrasi
Foto: AP/Dominic Lipinski/PA
Jutaan orang di seluruh dunia diperingatkan untuk mempersiapkan diri. Pasalnya tahun terpanas dalam catatan sejarah akan terjadi pada tahun 2027./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Jutaan orang di seluruh dunia diperingatkan untuk mempersiapkan diri. Pasalnya tahun terpanas dalam catatan sejarah akan terjadi pada tahun 2027.

Para ahli menekankan dengan kepastian 98 persen bahwa lonjakan suhu global akan terjadi dalam lima tahun ke depan. Berita suram datang di tengah memburuknya ketakutan akan perubahan iklim dan mengikuti musim panas yang mengerikan di Eropa, yang mencatat tahun terpanas kedua pada tahun 2022.

Baca Juga

Para ahli mengatakan ada juga dua dari tiga kemungkinan suhu akan naik lebih dari 1,5 derajat Celcius (2,7F) di atas tingkat pra-industri, melanggar batas yang ditetapkan dalam Paris Agreement yang berfokus pada iklim.

"Laporan hari ini menunjukkan bahwa lima tahun ke depan diperkirakan akan menghasilkan rekor suhu baru," ungkap Dr Leon Hermanson, seorang ilmuwan Met Office di balik laporan tersebut seperti dilansir dari laman Daily Mail.

Suhu tinggi ini akan didorong hampir sepenuhnya oleh munculnya gas rumah kaca yang memerangkap panas di atmosfer, tetapi perkembangan yang diantisipasi dari peristiwa El Niño yang terjadi secara alami juga akan melepaskan panas dari Pasifik tropis.

El Nino adalah fase pemanasan berulang yang terjadi di Pasifik tropis setelah fase pendinginan, yang disebut La Niña. Periode ini bolak-balik tidak teratur setiap dua sampai tujuh tahun, memicu curah hujan dan perubahan suhu.

Fase La Nina lautan berakhir pada bulan Maret tahun ini, dengan El Nino diperkirakan akan berlangsung selama beberapa bulan mendatang. Fenomena alam ini dikombinasikan dengan emisi gas seperti karbon dioksida kemungkinan akan memperburuk suhu tertinggi mulai tahun depan.

Organisasi Meteorologi Dunia (WMO) mengantisipasi bahwa gelombang curah hujan akan dialami di seluruh wilayah Sahel di Afrika, Eropa utara, Alaska, dan Siberia sebagai akibatnya. Curah hujan juga cenderung menurun di seluruh Amazon dan sebagian Australia selama periode waktu yang sama dari 2023 hingga 2027.

Sementara itu, pemanasan Arktik diprediksi lebih dari tiga kali lebih tinggi dari rata-rata global, di tengah kekhawatiran akan memburuknya lapisan es yang mencair.

Selama lima tahun, suhu diperkirakan akan lebih tinggi. Sebanyak 196 negara telah menandatangani ini, termasuk AS yang awalnya menolak karena ketidaksetujuan Donald Trump. Namun, WMO percaya bahwa meskipun level Paris terlampaui, ini tidak harus menjadi perubahan permanen.

Sekretaris Jenderal WMO Profesor Petteri Taalas mengatakan laporan ini tidak berarti bahwa kita secara permanen akan melampaui tingkat 1,5 derajat Celcius yang ditentukan dalam Paris Agreement yang mengacu pada pemanasan jangka panjang selama bertahun-tahun.

Namun, WMO membunyikan alarm bahwa kita akan menembus level 1,5 derajat Celcius untuk sementara dengan frekuensi yang meningkat. Laporan suram tersebut mengikuti  penelitian lain  yang menunjukkan bahwa Eropa mengalami musim panas terpanas pada tahun 2022.

Gelombang panas yang ekstrem dan kekeringan mencengkeram benua selama ini, dan diperkirakan akan semakin memburuk. Kebakaran hutan musim panas juga menghasilkan emisi karbon tertinggi dalam 15 tahun, yang menyebabkan rekor pencairan gletser Alpine saat lima kilometer kubik es menghilang. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement