Jumat 19 May 2023 12:11 WIB

Teknologi Medsos Jadi Sumber Inspirasi Anak Muda untuk Berangkat Umrah

Saat ini, kaum muda mulai banyak mencari tahu mengenai ibadah umrah.

Kegiatan umroh dan haji. Ilustrasi
Foto: Amr Nabil/AP
Kegiatan umroh dan haji. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Industri konten kreator terus berkembang pesat tak hanya sebatas gaya hidup dan hiburan. Konten digital saat ini telah merambah ke berbagai aspek kehidupan termasuk ibadah, khususnya perjalanan umroh.

Fenomena ini menandai pergeseran paradigma dalam penggunaan platform media sosial sebagai sarana berbagi pengalaman spiritual dan memberi inspirasi dalam menjalankan ibadah.  Kini sudah mulai bermunculan influencer yang memberikan edukasi seputar ibadah umroh.  

Baca Juga

Konten yang disajikan di antaranya informasi praktis, cerita inspiratif, hingga nasehat bermanfaat bagi mereka yang ingin mewujudkan impian berangkat umroh. Salah satu influencer yang menggelutinya adalah Anggi Rospidia.

Ia rutin membagikan konten-konten bermanfaat tentang kota Madinah, salah satu kota suci umat Islam setelah Mekkah. 

Melalui akun Instagram pribadinya @anggirospidia, ia membagikan wawasan tentang kehidupan di Madinah, tempat tinggalnya sejak tahun 2022 setelah pindah dari Indonesia ke kota dengan julukan Kota Nabi tersebut .

Konten-konten interaktif yang dibuat oleh Anggi terbukti mampu menarik minat  kaum milenial dan Generasi Z.  Unggahan dalam akun sosmed perempuan yang pernah menempuh pendidikan S1 Ekonomi itu membangkitkan semangat kaum muda untuk mewujudkan impian berangkat ke Tanah Suci. “Dari konten yang saya buat ini menarik kamu milenial dan gen Z menjadi semangat dan yakin untuk segera berangkat umroh, lewat ikhtiar doa, shalawat dan bekerja untuk mengumpulkan uangnya”, ujar wanita yang pernah meraih 2nd Runner up Wajah Elzatta 2018 itu, Jumat (19/5/2023). 

photo
Anggi Rospidia. Gemar menginspirasi kaum muda untuk menikmati pengalaman umrah ke Tanah Suci. - (Dok. Pri)

Diakui Anggi, membagikan informasi bermanfaat khususnya seputar Tanah Suci melalui media sosial adalah salah satu passionnya.  Banyak hal menarik yang ditemuinya yang kemudian ia jadikan konten. 

“Mulai dari kisah pengalaman yang sudah umroh dan ingin kembali lagi, hingga yang belum pernah berangkat umroh dengan tekad besar agar Allah mampukan berangkat Umroh,“ papar perempuan kelahiran kota Serang Juni 1992 itu.

Dengan jumlah pengikut Instagram mencapai 128 ribu, Anggi berharap konten yang dibuatnya  bisa menginspirasi lebih banyak lagi netizen.  Menurutnya, pesona pariwisata Islami di Tanah Suci khususnya Madinah telah menarik banyak kalangan, baik  tua dan muda. 

“Saat ini, banyak kalangan muda yang turut menggemari pengalaman tersebut. Perubahan ini mencerminkan semakin tingginya keinginan generasi muda untuk menjelajahi agama dan terhubung dengan warisan spiritual Islam,” kata dia.

Adapun saat ini, Pemerintah Kerajaan Arab Saudi sudah menerima seluruh jamaah umrah Indonesia dengan lancar. Hal ini berkaitan dengan dicabutnya status pandemi oleh WHO beberapa waktu lalu. 

 

"Kami dari kerajaan Saudi sangat menyambut jamaah Indonesia tanpa ada batasan terkait kesehatan, jumlah dan kami sambut dengan sebaik-baiknya," ujar Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq F. Al Rabiah, demikian dilansir dari Antara

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement