Rabu 17 May 2023 12:21 WIB

Biar tidak Bisa Dikepoin, Ini Cara Mengunci Chat Pribadi dan Grup WhatsApp

WhatsApp menambahkan fitur Chat Lock yang memungkinkan pengguna mengunci obrolan.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Natalia Endah Hapsari
WhatsApp menambahkan fitur Chat Lock yang memungkinkan pengguna untuk mengunci obrolan individu dan grup agar tidak dapat diakses oleh orang yang tidak berkepentingan./ilustrasi
Foto: Unsplash
WhatsApp menambahkan fitur Chat Lock yang memungkinkan pengguna untuk mengunci obrolan individu dan grup agar tidak dapat diakses oleh orang yang tidak berkepentingan./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menjaga keamanan obrolan di WhatsApp adalah hal yang penting. Meskipun WhatsApp menawarkan enkripsi end-to-end untuk menjaga pesan tetap aman secara digital, namun penting juga untuk menjaga keamanan dan privasi dari sisi pengguna.

Untuk memastikan hal tersebut, WhatsApp menambahkan fitur Chat Lock yang memungkinkan pengguna untuk mengunci obrolan individu dan grup agar tidak dapat diakses oleh orang yang tidak berkepentingan.

Baca Juga

Selain mengunci obrolan, fitur ini juga bisa dimanfaatkan untuk menyembunyikan kontak atau grup dari daftar Obrolan (Chat) reguler di aplikasi; menyembunyikan pratinjau pesan dari panel notifikasi; memindahkan obrolan yang terkunci ke bagian Locked Chat; serta  mengunci obrolan dengan biometrik, PIN, atau kata sandi.

Untuk menggunakan fitur ini dan mengunci obrolan individu di WhatsApp, yuk ikuti panduan berikut seperti dilansir dari Gadget Now, Rabu (17/5/2023).

1. Buka WhatsApp yang telah diperbarui di ponsel Anda

2. Pilih daftar obrolan atau cari kontak yang obrolannya ingin Anda kunci

3. Buka jendela obrolan kontak tersebut dan tap bagian atas

4. Gulir ke bawah dan pilih kunci obrolan (lock chat)

5. Aktifkan togglr dan autentikasi menggunakan kunci layar

6. Perhatikan bahwa WhatsApp secara otomatis menggunakan metode kunci layar ponsel untuk mengunci obrolan.

7. Selesai! Obrolan tersebut sekarang terkunci di WhatsApp.

 

Adapun cara mengakses obrolan yang terkunci di WhatsApp, semua obrolan yang terkunci di WhatsApp akan berpindah ke bagian Locked Chat. Cukup swipe ke bawah dari atas layar daftar obrolan untuk mengakses opsi Locked Chat/Obrolan Terkunci. Ketuk, autentikasi, dan semua obrolan terkunci bisa diakses.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement