Selasa 16 May 2023 16:42 WIB

Bosan dengan Penyedot Debu Biasa? Cek Dulu Keuntungan Pakai Robot Penyedot

Robot penyedot memungkinkan memprogram waktu pembersihan melalui aplikasi ponsel.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Natalia Endah Hapsari
Penyedot debu robot dianggap bisa membantu membersihkan rumah lebih praktis, sehingga menjadi perangkat populer./ilustrasi
Foto: Saudi Gazette
Penyedot debu robot dianggap bisa membantu membersihkan rumah lebih praktis, sehingga menjadi perangkat populer./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Penyedot debu robot dianggap bisa membantu membersihkan rumah lebih praktis, sehingga menjadi perangkat populer. Pun robot ini disebut memiliki fitur yang meningkat sejak pertama kali rilis. Namun, ada banyak vacum robot yang memiliki sejumlah masalah dan keterbatasan.

“Penting untuk melakukan riset melihat apakah robot penyedot sesuai dengan kebutuhan rumah tangga dan upaya pembersihan Anda,” kata pakar rumah tangga CHOICE, Kim Gilmour dilansir Choice.com.au, Selasa (16/5/2023).

Baca Juga

Ada beberapa hal yang memudahkan pengguna saat memilih memakai robot penyedot debu:

1. Robot penyedot dapat dikendalikan.

Beroperasi dengan baterai yang dapat diisi ulang, robot vacum menggunakan kombinasi kamera dan sensor untuk memindai dan membersihkan rumah. Sebagian besar model dapat dikontrol dan dijadwalkan dengan aplikasi ponsel yang menampilkan peta rumah dan mengirimkan peringatan kesalahan, jika bermasalah.

 

2 Robot bisa membersihkan tempat yang sulit.

Robot penyedot debu bisa lebih baik daripada penyedot debu standar dalam membersihkan tempat yang sulit dijangkau, seperti di bawah tempat tidur atau sofa. Ini membuatnya berguna untuk orang yang memiliki masalah mobilitas, atau jika tidak ingin menghabiskan waktu mengangkat atau memindahkan furnitur berat.

 

3. Robot penyedot menghadirkan fitur praktis penjadwalan waktu, kontrol, dan lainnya.

Robot penyedot memiliki serangkaian fitur cerdas yang dapat membuat penyedot debu manual terasa ketinggalan zaman. Robot penyedot memungkinkan Anda memprogram waktu pembersihan melalui aplikasi ponsel. Anda dapat melihat peta virtual untuk melacak kemajuannya dan menyiapkan zona pembersihan. Anda bahkan dapat memeriksa riwayat pembersihan vakum atau mengarahkannya secara manual. Model lain yang lebih mahal hadir dengan tempat sampah yang dapat mengosongkan sendiri, fungsi mengepel, bahkan penyegar udara.

 

4. Robot penyedot bisa membersihkan bulu hewan peliharaan.

Jika bulu kucing dan anjing di lantai Anda, robot penyedot bisa sangat membantu. Namun, tes lab menemukan banyak model yang tidak dapat menghisap gumpalan bulu sama sekali.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement