Selasa 16 May 2023 16:05 WIB

Pengguna Pixel Keluhkan Ponsel Sangat Panas, Mengapa?

Penyebab panas pada ponsel diduga aplikasi Google dan pembaruannya.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Natalia Endah Hapsari
Pengguna ponsel Pixel mengeluhkan ponsel yang mengalami kondisi sangat panas yang diduga akibat pembaruan aplikasi Google/ilustrasi
Foto: CNET
Pengguna ponsel Pixel mengeluhkan ponsel yang mengalami kondisi sangat panas yang diduga akibat pembaruan aplikasi Google/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Seorang pengguna Pixel 6 Pro baru-baru ini melaporkan ponselnya mengalami panas berlebihan dan baterai yang terkuras. Pengguna itu menduga penyebabnya adalah aplikasi Google dan pembaruan yang mulai diluncurkan pada 12 Mei 2023.

"Saya belum menyentuh ponsel saya dalam satu jam terakhir, hanya menggunakan pengisi daya nirkabel standar," kata pengguna tersebut, menunjukkan tangkapan layar menu pengaturan ponsel yang menunjukkan aplikasi Google membuat baterai ponsel terkuras.

Baca Juga

Dikutip dari laman Engadget, Selasa (16/5/2023), pengguna itu mengatakan mengembalikan ke versi perangkat lunak yang lebih lawas sepertinya tidak membantu. Dia juga mengeluhkan daya baterai ponselnya tidak bertambah saat diisi.

Meninjau Reddit dan forum dukungan Google lainnya, ternyata cukup banyak pengguna Pixel mengalami masalah sama. Salah satu warganet pengguna Pixel baru mengalami masalah itu usai melakukan pembaruan. Baterainya disinyalir terkuras akibat aplikasi Google.

"Saya baru saja melalui dan melakukan pengaturan ulang ke mode pabrik, menginstal ulang sebagian besar hal dan itu masih terjadi," ujar seorang pengguna. "Selain baterai yang tidak tahan lama, ponsel menjadi sangat panas, jadi saya tahu ini merusak baterai dan berpotensi merusak CPU," ucap warganet lain.

Sebagian pengguna Pixel telah mencoba menghubungi Google, namun melaporkan bahwa staf pendukung perusahaan tidak banyak membantu. Beberapa pengguna mengatakan mengembalikan ke versi lama aplikasi Google juga tidak menyelesaikan masalah.

Ada pula pengguna yang menyampaikan versi pembaruan yang lebih lama dari 10 Mei tetap menguras baterai. Sebagian pengguna menduga masalahnya mungkin di sisi server. Aplikasi Google terus merusak baterai, terlepas dari versinya, dan gejalanya tetap sama.

Google tidak segera menanggapi permintaan komentar dari media. Jika kesalahan memang ada pada aplikasi Google, ini bukan pertama kalinya pembaruan perangkat lunak menyebabkan masalah bagi pengguna ponsel Pixel untuk sejumlah seri.

Belum lama ini, Google melakukan perbaikan untuk Pixel 6 dan 6 Pro setelah pembaruan sebelumnya menyebabkan ponsel menghasilkan haptic feedback (fitur yang memungkinkan kibor ponsel mengeluarkan sedikit getaran ketika digunakan) yang jauh lebih lemah. Perusahaan juga pernah menghentikan peluncuran pembaruan Pixel tahun lalu, setelah pengguna menemukan bahwa ponsel mereka tak bisa menerima panggilan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement