Selasa 16 May 2023 13:05 WIB

5 Pembaruan Android 14 dari Google I/O

Android 14 mendapatkan beberapa pembaruan.

Rep: Santi Sopia/ Red: Natalia Endah Hapsari
Konferensi Google I/O memberikan pembaruan versi baru dari sistem operasi ponsel dan tablet. Hal itu termasuk untuk Android 14 yang mendapatkan beberapa pembaruan./ilustrasi
Foto: AP Photo/Jeff Chiu
Konferensi Google I/O memberikan pembaruan versi baru dari sistem operasi ponsel dan tablet. Hal itu termasuk untuk Android 14 yang mendapatkan beberapa pembaruan./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Konferensi Google I/O memberikan pembaruan versi baru dari sistem operasi ponsel dan tablet. Hal itu termasuk untuk Android 14 yang mendapatkan beberapa pembaruan.

Android 14 dalam versi beta diharapkan segera rilis pada Agustus atau September mendatang. Ada beberapa rumor tentang fitur baru, seperti dikutip dari laman The Verge di antaranya:

Baca Juga

  • Fungsi ponsel seperti webcam PC
  • Peralihan otomatis sinyal seluler l di dua SIM
  • Perekaman layar aplikasi tunggal
  • Menyembunyikan PIN dan konfirmasi otomatis untuk entri PIN lebih cepat
  • Alat penghapus bloatware
  • Kartu otomatis

Sementara itu, ada belasan peningkatan yang dilakukan, dan berikut lima di antaranya.

 

1.Keamanan kata sandi

Di Android 14, aplikasi pihak ketiga akan dapat menggunakan ponsel Android dan sidik jari pengguna untuk mendaftarkan diri dan mengizinkan masuk.

Ada Pengelola Kredensial baru di Android 14 untuk memandu pengguna melalui langkah-langkah tersebut, dan dapat menyimpan beberapa kunci sandi serta kata sandi per aplikasi.

Secara realistis, aplikasi memerlukan waktu untuk mengadopsi kunci sandi, tetapi banyak pengelola kata sandi dan layanan masuk akan menambahkannya lebih cepat. Google mengatakan 1Password, Dashlane, Keeper, dan Okta “akan tersedia saat Android 14 diluncurkan.”

 

2. Notifikasi ancaman

Di Android 14, ponsel akan mengirimkan pemberitahuan bulanan yang memperingatkan pengguna saat ada aplikasi yang membocorkan data. Dengan asumsi Google mengetahuinya. Ini adalah bagian dari inisiatif keamanan data baru.

Selain itu, Anda akan mendapatkan peringatan khusus saat aplikasi meminta izin untuk membagikan lokasi Anda.

 

3. Tidak ada lagi spam notifikasi di layar

Google telah memutuskan bahwa pemberitahuan layar penuh, "prioritas sangat tinggi" mungkin bukan sesuatu yang dapat dilakukan oleh sembarang pengembang. Dimulai dengan Android 14, hanya untuk panggilan masuk dan alarm.

 

4. Notifikasi lampu kamera dan peringatan volume keras

Android 14 juga akan memberi notifikasi kepada pengguna ketika Anda telah lama mendengarkan musik keras dengan notifikasi besar yang bagus.

 

5. Menyesuaikan layar kunci dengan jam buatan

Google juga mendapatkan beberapa wallpaper buatan AI yang datang ke Pixel sebelum Android 14.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement