Senin 15 May 2023 14:00 WIB

6 Langkah Berbagi dan Memperbarui Aplikasi Secara Offline

Pengirim maupun penerima aplikasi harus memiliki perangkat android.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Natalia Endah Hapsari
Fitur berbagi secara offline di Google Play Store memungkinkan berbagi aplikasi tanpa koneksi internet.
Foto: www.pixabay.com
Fitur berbagi secara offline di Google Play Store memungkinkan berbagi aplikasi tanpa koneksi internet.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Ada kalanya Anda mungkin ingin berbagi beberapa aplikasi atau pembaruan tanpa memiliki koneksi internet. Misalnya, Anda mungkin sedang bepergian, bermain gim, dan ingin berbagi aplikasi pendamping untuk meningkatkan pengalaman bermain gim.

Dalam skenario seperti itu, fitur berbagi offline Google Play Store terbukti sangat bermanfaat. Dilansir dari Gizchina, Senin (15/5/2023), sebelum masuk ke langkah berbagi dan memperbarui aplikasi secara offline, ada beberapa persyaratan yang harus Anda penuhi.

Baca Juga

Caranya, baik pengirim maupun penerima harus memiliki perangkat Android, izin Bluetooth, Wi-Fi, dan Lokasi untuk aplikasi Google Play Store harus diaktifkan di kedua perangkat serta kedua perangkat harus berada dalam radius sekitar enam meter satu sama lain. Setelah persyaratan ini terpenuhi, Anda siap untuk mulai berbagi dan memperbarui aplikasi secara offline menggunakan Google Play Store.

 

Langkah pertama: Akses Google Play Store

Di perangkat pengirim dan penerima, buka aplikasi Google Play Store. Ketuk ikon profil di pojok kanan atas, dan pilih opsi “Manage apps & device".

 

Langkah kedua: Siapkan perangkat pengirim

Di perangkat yang akan berbagi aplikasi, navigasikan ke tab “Overview” dan ketuk “Send” di samping “ Share Apps.” Pada halaman penjelasan berikut, ketuk “Continue.” Sebuah prompt akan muncul, meminta izin untuk terhubung dengan perangkat terdekat. Ketuk tombol “Allow” untuk memberikan izin yang diperlukan.

 

Langkah ketiga: Siapkan perangkat penerima

Di perangkat penerima, buka tab “Overview” dan ketuk “Receive” di halaman penjelasan, lalu ketuk “Allow” saat diminta untuk memberikan izin aplikasi Google Play Store untuk terhubung dengan perangkat terdekat. Perangkat penerima sekarang akan menunggu di layar penerima sementara pengirim memilih aplikasi untuk dibagikan.

 

Langkah keempat: Pilih aplikasi untuk dibagikan pada perangkat pengirim

Di perangkat pengirim, pilih satu atau beberapa aplikasi untuk dibagikan. Ingatlah bahwa Anda hanya dapat membagikan aplikasi gratis dan pembaruan aplikasi.

Aplikasi berbayar, aplikasi yang tidak sesuai usia, aplikasi perusahaan, serta media seperti buku dan film tidak dapat dibagikan. Menurut halaman dukungan Google, fitur ini tidak tersedia di Korea Selatan dan Afrika Selatan.

Setelah Anda memilih aplikasi, ketuk tombol kirim di bagian atas, dan pilih nama perangkat penerima dari prompt. Kode akan muncul di perangkat pengirim dan penerima. Kode ini digunakan untuk mengonfirmasi koneksi dan memastikan bahwa aplikasi dikirim ke perangkat yang benar.

 

Langkah kelima: Konfirmasi koneksi pada perangkat penerima

Pada perangkat penerima, pastikan kode pasangan cocok dengan yang ditampilkan pada perangkat pengirim. Ketuk “Receive” untuk memulai transfer aplikasi dari perangkat pengirim.

 

Langkah keenam: Instal aplikasi pada perangkat penerima

Setelah aplikasi ditransfer, perangkat penerima akan menampilkan daftar aplikasi yang dibagikan. Untuk memasang aplikasi, ketuk “Install” di samping masing-masing aplikasi atau “Install all” di bagian atas daftar. Jika Anda meninggalkan halaman, Anda dapat kembali ke layar “Receive” untuk menemukan aplikasi yang dibagikan dan menginstalnya.

Setelah aplikasi diinstal pada perangkat penerima, ketuk “Disconnect” pada perangkat pengirim untuk mengakhiri proses berbagi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement