Senin 08 May 2023 10:00 WIB

Demi Android 14, Google Berkolaborasi dengan Merek Besar

Android 14 diharapkan akan dirilis pada bulan-bulan terakhir tahun 2023.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Google telah memutuskan berkolaborasi dengan merek besar untuk meningkatkan pengalaman pengguna mereka. Samsung, khususnya, telah memberikan persetujuannya untuk kolaborasi ini. /ilustrasi
Foto: EPA-EFE/HAYOUNG JEON
Google telah memutuskan berkolaborasi dengan merek besar untuk meningkatkan pengalaman pengguna mereka. Samsung, khususnya, telah memberikan persetujuannya untuk kolaborasi ini. /ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—Tim pengembang Google mengembangkan sistem operasi seluler versi terbaru, Android 14. Raksasa teknologi itu telah mengerjakannya selama beberapa bulan sekarang.

Android 14 diharapkan akan dirilis pada bulan-bulan terakhir tahun 2023. Namun, salah satu keluhan paling umum di antara pengguna dan pengembang Android adalah pembatasan aplikasi dan layanan latar belakang.

Baca Juga

Banyak produsen perangkat sangat agresif memblokir aplikasi latar belakang untuk menghemat masa pakai baterai. Hal ini dapat mengakibatkan pengalaman yang tidak menyenangkan bagi pengguna.

Untuk mengatasi masalah ini, dilansir dari Gizchina, Senin (8/5/2023), Google telah memutuskan berkolaborasi dengan merek besar untuk meningkatkan pengalaman pengguna mereka. Samsung, khususnya, telah memberikan persetujuannya untuk kolaborasi ini. Mulai dari One UI 6.0, layanan latar depan aplikasi yang ditujukan untuk Android 14 akan berfungsi seperti yang diharapkan asalkan dikembangkan sesuai dengan kebijakan OS API Google yang baru.

 

Selanjutnya, Google telah melakukan tiga perubahan dengan Android 14 Developer Preview 1. Perubahan ini bertujuan untuk memudahkan developer membuat aplikasi yang bekerja secara konsisten di berbagai perangkat Android. Perubahan pertama adalah persyaratan baru untuk mendeklarasikan jenis layanan latar depan dan meminta izin khusus.

Perubahan kedua adalah jenis baru pekerjaan transfer data yang dimulai pengguna. Perubahan ketiga adalah aturan Google Play baru untuk memastikan pengguna yang tepat dari layanan latar depan dan proses transfer data yang dimulai pengguna.

Pengguna harus menunggu hingga awal tahun depan untuk meluncurkan One UI 6.0 bersamaan dengan seri Samsung Galaxy S24. Namun, kolaborasi antara Samsung dan Google ini harus mengarah pada peningkatan penting dalam pengalaman pengguna perangkat Samsung.

Dengan dirilisnya Android 14, pengguna dapat mengharapkan pengalaman yang lebih baik dengan aplikasi dan layanan latar belakang. Serta peningkatan konsistensi di berbagai perangkat Android.

Perubahan signifikan lainnya dengan Android 14 adalah pengenalan sistem pembayaran seluler baru. Sistem ini akan memungkinkan pengguna melakukan pembayaran dengan ponsel mereka menggunakan teknologi near field communication (NFC).

Itu juga akan berintegrasi dengan layanan pembayaran populer seperti Google Pay dan PayPal. Memudahkan pengguna untuk melakukan pembayaran yang aman.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement