Senin 08 May 2023 09:25 WIB

Deretan Perangkat yang Bakal Muncul dalam Konferensi Google I/O 2023

CEO Google Sundar Pichai memberi bocoran kabar tentang perangkat Pixel.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Natalia Endah Hapsari
CEO Google Sundar Pichai memberi bocoran kabar tentang perangkat Pixel, bersama dengan persyaratan perkembangan baru yang menarik untuk Android saat konferensi Google I/O 2023.
Foto: Reuters
CEO Google Sundar Pichai memberi bocoran kabar tentang perangkat Pixel, bersama dengan persyaratan perkembangan baru yang menarik untuk Android saat konferensi Google I/O 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Konferensi Google I/O segera digelar dan ini menjadikannya sebagai kesempatan Google untuk meluncurkan atau mempratinjau rangkaian perangkat keras barunya, dan ini mungkin sudah berlaku untuk tahun 2023.

CEO Google Sundar Pichai memberi bocoran kabar tentang perangkat Pixel, bersama dengan persyaratan perkembangan baru yang menarik untuk Android. Namun, apa yang akan dibahas Pichai dan yang lainnya ketika naik panggung pada 10 Mei 2023 mendatang?

Baca Juga

Dari semua indikasi, Google I/O 2023 mungkin akan menjadi salah satu acara tersibuk. Dilansir dari Engadget, Senin (8/5/2023), berikut ini adalah beberapa prediksi perangkat keras yang akan diluncurkan pada acara tersebut:

 

1. Pixel Fold

Setelah bertahun-tahun menawarkan dukungan untuk ponsel lipat, Google akan mengungkap salah satunya di I/O. Google telah mengonfirmasi akan memperkenalkan Pixel Fold yang mirip dengan seri Samsung Galaxy Z Fold, ini akan terbuka seperti buku.

Rumor menyebut itu memiliki layar eksternal 120Hz 5,8 inci untuk interaksi cepat, dan layar internal 120Hz 7,6 inci ketika menginginkan lebih banyak ruang visual. Pixel Fold juga memiliki bezel yang lebih tebal daripada Z Fold, memiliki engsel yang tahan lama dan hampir tanpa celah, serta baterai yang bertahan 24 jam dalam penggunaan normal.

Tidak seperti Pixel sebelumnya, Fold mungkin tidak menguras nilai uang yang besar. Perangkat lipat ini dilaporkan dikirimkan pada Juni 2023 dengan harga sekitar 1.700 dolar AS, dan mungkin datang dengan chip Tensor G2 Pixel 7 menggunakan RAM 12GB. Rumor kamera juga menunjukkan berbagai tingkat kualitas.

 

2. Pixel 7a

Jangan khawatir jika Pixel Fold ternyata jauh di luar rencana anggaran. Google dikabarkan akan meluncurkan Pixel 7a di I/O, dan bisa mengatasi beberapa kekurangan dari 6a. Sementara desain yang muncul di foto langsung Zing News tidak jauh berbeda dari pendahulunya.

Desain ini mungkin mencakup tampilan 90Hz yang lebih cepat, pengisian daya nirkabel, dan kamera utama 64 megapixel. Akan ada kemungkinan tambahan chip Tensor G2 dengan RAM 8GB. Namun, Google dilaporkan berencana untuk mulai menerima pesanan Pixel 7a pada 10 Mei 2023 dengan harga 499 atau 50 dolar AS lebih tinggi dari 6a.

 

3. Pixel Tablet

Google mempratinjau Pixel Tablet pada I/O tahun lalu dan sekali lagi di musim gugur, jadi ada kemungkinan bahwa tablet Android ini akhirnya akan diluncurkan pada konferensi tahun ini. Tidak banyak misteri yang tersisa saat ini, di luar harga dan spesifikasi yang tepat, perusahaan telah membagikan apa saja keunggulannya.

Jika membutuhkan primer, Pixel Tablet sebenarnya adalah dua perangkat dalam satu. Kita dapat menggunakannya dengan tangan, tetapi juga berfungsi sebagai layar pintar berkat dok speaker. Ini memungkinkan kita tetap di dapur saat memasak, tetapi bisa menemani bersantai juga di ruang tamu.

 

4. Android 14

Jika ada sesuatu yang pasti tentang Google I/O 2023, tentunya adalah debut resmi untuk Android 14. Versi uji coba telah tersedia sejak Februari 2023, dan Google berencana untuk merilis sistem operasi yang telah selesai di akhir musim panas kemarin.

Fitur yang telah dikonfirmasi hingga saat ini adalah tambahan sederhana seperti peningkatan aksesibilitas, keamanan aplikasi yang lebih kuat, masa pakai baterai yang lebih lama, dan fitur berbagi khusus. Sejauh ini belum ada peningkatan besar, tapi itu tidak mengherankan.

Pratinjau developer Android dan beta awal, biasanya dimaksudkan untuk membantu pembuat konten menyiapkan aplikasi mereka. Setelah Google I/O, biasanya akan ada perubahan antarmuka atau peningkatan penting lainnya yang disuguhkan ke publik.

 

5. Pixel 8 preview

Google I/O 2022 memberikan gambaran singkat tentang Pixel 7. Meskipun tidak ada jaminan pengulangan, tapi semua orang tidak akan terkejut jika ada Pixel 8 preview pada pertemuan di 2023 ini. Asalkan render OnLeaks sesuai dengan produk jadi, ini akan menjadi evolusi yang halus dengan sudut yang lebih membulat dan potongan kamera yang sedikit berbeda.

WinFuture mengklaim seri Pixel 8 akan menggunakan chip Tensor generasi berikutnya (mungkin Tensor G3) dengan RAM 8GB pada model standar dan 12GB pada Pro. Susunan kamera mungkin tidak banyak berubah, tetapi kode menunjukkan Google dapat membawa alat unblur ke video untuk pertama kalinya.

 

6. Wildcard: Pixel Watch 2 dan teknologi eksperimental

Google memberi bocoran tentang kacamata augmented reality generasi berikutnya pada 2022 lalu. Karena itu, tidak heran jika tahun ini diprediksi akan ada kejutan baru lainnya. Sekuel Pixel Watch adalah salah satu opsinya.

Google belum mengatakan seberapa sering akan menyegarkan jam tangan pintar in-house pertamanya, tetapi model saat ini memiliki banyak ruang untuk perbaikan. Hanya ada satu ukuran casing, dan prosesor Samsung Exynos sekitar tahun 2018 yang tidak mendukung masa pakai baterai atau kinerjanya.

Kemungkinan yang lebih masuk akal adalah pembaruan pada kacamata AR yang disebutkan sebelumnya. Google hanya menunjukkan prototipe kasar pada pertemuan terakhir, dan dapat dengan mudah memperbanyaknya jika pekerjaan telah berkembang dengan baik di bulan-bulan sesudahnya.

Bahkan Meta diyakini tidak akan merilis kacamata AR pertama hingga 2027, dan tidak ada kepastian bahwa Google telah menyelesaikan tantangan teknis setelah uji lapangan awal. Jika kacamata muncul, mungkin masih sedikit lebih jauh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement