Sabtu 06 May 2023 13:53 WIB

Microsoft Rilis Fitur Baru Xbox yang Diincar Pemilik PS5

Ada fitur yang baru saja ditambahkan Sony ke Xbox.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Natalia Endah Hapsari
Microsoft telah sepenuhnya mengubah antarmuka pengguna (UI) rumahan Xbox. Desain ulang layar beranda yang baru memudahkan untuk mengakomodasi gambar latar belakang./ilustrasi
Foto: microsoft
Microsoft telah sepenuhnya mengubah antarmuka pengguna (UI) rumahan Xbox. Desain ulang layar beranda yang baru memudahkan untuk mengakomodasi gambar latar belakang./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Pertarungan antara Microsoft Xbox dan konsol Sony PlayStation bukan tentang fitur melainkan dari setiap fanbase. Meski kedua konsol tersebut hadir dengan fitur dan spesifikasi yang hampir sama, pengguna selalu ingin menonjolkan perbedaan sekecil apa pun.

Mereka sering membahasnya dengan mengklaim beberapa fitur membuat yang satu lebih baik dari yang lain. Bicara soal fitur, ada sedikit fitur yang baru saja ditambahkan Sony ke Xbox. Sebenarnya, pengguna Xbox tidak benar-benar meminta fitur ini.

Baca Juga

Di sisi lain, yang meminta fitur ini adalah para pemilik PS5. Pemilik PS5 telah lama meminta perombakan kecil pada layar beranda tetapi permintaan mereka tidak dipenuhi oleh Sony. Sedangkan Microsoft telah melakukan apa yang selalu diinginkan oleh pemilik PS5.

Microsoft telah sepenuhnya mengubah antarmuka pengguna (UI) rumahan Xbox. Desain ulang layar beranda yang baru memudahkan untuk mengakomodasi gambar latar belakang. Microsoft juga menyentuh area dasbor lainnya untuk membuatnya jauh lebih sederhana daripada yang sebelumnya.

Perubahan UI ini seharusnya datang bulan lalu. Namun, perusahaan berhenti untuk memperbarui dan memutuskan untuk membuat lebih banyak perubahan. Dengan tampilan UI yang baru, semua pengguna akan setuju dengan fakta bahwa penantian itu sangat berharga.

Perbedaan pertama yang akan Anda perhatikan adalah penataan ulang app tiles. Microsoft telah mendorong tiles ke bawah layar untuk memberikan tampilan latar belakang yang lebih indah. Selain itu, perusahaan telah mengurangi ukuran agar terlihat lebih ringkas dan menempati lebih sedikit ruang.

Salah satu bagian yang paling menarik adalah seni permainan baru yang responsif. Ini secara otomatis mengubah latar belakang setiap kali pengguna mengarahkan kursor ke petak game atau aplikasi.

Di bagian paling atas ada UI mengambang baru yang menampung fitur lain dari Xbox. Di sinilah pengguna akan menemukan fitur tambahan seperti perpustakaan gim  dan aplikasi, Microsoft Store, Xbox Game Pass, pencarian, dan pengaturan. Ini akan mempermudah pengguna untuk mengakses pengaturan akses cepat.

Dilansir GizChina, Sabtu (6/5/2023), UI Xbox Home baru saat ini sedang dalam pengujian bersama orang dalam Alpha Skip Ahead dan Alpha Xbox. Perusahaan kemungkinan akan meluncurkan perubahan baru ke semua konsol Xbox dalam waktu beberapa bulan.

Jelang perilisan ke publik, pimpinan manajer produk senior untuk pengalaman Xbox Ivy Krislov telah menyampaikan pernyataan. “Kami merancang ratusan opsi. Kemudian disempurnakan dengan prototipe dan akhirnya diuji pengguna di lab riset kami. Semoga Anda menyukainya. Itu menyeimbangkan pengalaman, aksesibilitas, fungsi, dan kebutuhan komunitas kami,” kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement