Senin 01 May 2023 14:42 WIB

Mau Isi Bahan Bakar di Luar Angkasa? Perusahaan Ini Siap Bantu

Perusahaan itu menargetkan dapat mengirim beberapa tangki besar bahan bakar ke orbit.

Rep: Santi Sopia/ Red: Natalia Endah Hapsari
Perusahaan rintisan Amerika Orbit Fab menyiapkan teknologi pengisian bahan bakar di luar angkasa/ilustrasi.
Foto: NASA via AP
Perusahaan rintisan Amerika Orbit Fab menyiapkan teknologi pengisian bahan bakar di luar angkasa/ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Pernah membayangkan mengisi bahan bakar di luar angkasa? Hal itu menjadi misi dari sebuah perusahaan rintisan di Amerika Serikat (AS) bernama Orbit Fab. “Perusahaan AS Orbit Fab dapat memproduksi ‘stasiun pengisian bahan bakar’ di luar angkasa,” kata CEO perusahaan, Daniel Faber kepada AFP, dilansir dari Japan Today, Senin (1/5/2023).

Faber yang ikut mendirikan perusahaan pada 2018 itu berharap teknologi pengisian bahan bakar ini akan menjadi terobosan di industri satelit yang lebih berkelanjutan dan menguntungkan. Panel surya biasanya melekat pada satelit dan menghasilkan energi untuk sistem onboard seperti kamera dan radio, tetapi tidak dapat membantu objek yang mengorbit menyesuaikan posisinya.

Baca Juga

"Semuanya selalu melayang, dan sangat cepat, Anda tidak berada di tempat yang Anda inginkan jadi Anda harus terus menyesuaikan, yang berarti Anda harus terus menggunakan propelan," kata dia kepada AFP dalam pertemuan tahunan industri luar angkasa di Colorado. Springs, Colorado.

Karena itu, kehidupan satelit dibatasi oleh berapa banyak bahan bakar yang dapat dibawa, setidaknya untuk saat ini. “Jika Anda dapat mengisi bahan bakar satelit di orbit, Anda dapat menghentikan itu terbuang,” ungkap dia tentang sebuah model yang dia gambarkan sebagai ide "gila".

Biayanya pembuatan dan peluncurannya diperkirakan sangat tinggi. Perusahaannya menargetkan dapat mengirim beberapa tangki besar ke orbit, masing-masing berisi hingga beberapa ton bahan bakar.

Kemudian pesawat yang lebih kecil dan mudah bermanuver akan bolak-balik antara tank dan satelit, seperti petugas pompa robot.

Ditanya mengenai risiko yang terkait dengan pengoperasian sistem semacam itu di orbit, Faber berterus terang bahwa itu semua mungkin sama seperti yang ada di bayangan banyak orang.

Tapi dia meyakinkan bahwa dengan banyaknya pengujian di lapangan maupun orbit, maka itu dipastikan aman.

Seperti halnya mobil, satelit yang berharap menerima propelan tambahan dari Orbit Fab harus memiliki port bahan bakar yang kompatibel. Faber mengatakan ada 200 sampai 250 satelit telah dirancang untuk menggunakan sistem perusahaannya.

Ini adalah pasar dengan ruang untuk tumbuh. Telah ada sekitar 24.500 satelit yang dijadwalkan untuk diluncurkan antara tahun 2022 dan 2031, menurut konsultan Euroconsult.

Orbit Fab, yang mempekerjakan sekitar 60 orang dan sedang mencari untuk mempekerjakan 25 orang lagi, telah meluncurkan satu tank ke orbit dan rencana selanjutnya untuk melakukan tes transfer bahan bakar.

Pada 2019, itu membuktikan kelayakan sistem dengan uji transfer air di Stasiun Luar Angkasa Internasional. Kontrak pertama perusahaan dengan pemerintah AS adalah mengirimkan bahan bakar pada tahun 2025 ke satelit Angkatan Luar Angkasa.

Manfaat tambahan lain dari pengisian bahan bakar di orbit adalah kemungkinan membebaskan metrik kunci dalam peluncuran roket berat. Orbit Fab, juga banyak berkolaborasi dengan pemula.

Selain itu, Orbit Fab bertujuan untuk melayani stasiun ruang angkasa swasta yang saat ini sedang dikembangkan. Perusahaan juga melihat ke arah pasar yang mungkin di dalam dan di sekitar Bulan, tidak berfokus pada mengekstraksi bahan, tetapi mengubahnya menjadi propelan dan mengirimkannya ke klien. "Saat ini, tidak ada apa pun di bulan. Dalam waktu lima, 10, 20 tahun kami berharap hal itu akan berubah secara dramatis,” kata dia menambahkan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement