Senin 24 Apr 2023 04:15 WIB

Alien Kemungkinan Hidup di Planet dengan Karakteristik Seperti Ini

Ilmuwan Jerman mensinyalir ada sistem bintang yang mungkin menampung organisme asing.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
Gambar pekan ini dari Teleskop Luar Angkasa Hubble menunjukkan sesuatu dari ilusi optik, yaitu, dua galaksi yang tampaknya bertabrakan tetapi sebenarnya hanya tumpang tindih secara kebetulan. Untuk menemukan kehidupan di luar Bumi, maka manusia harus mengikuti jejak radiasi.
Foto:

Perbedaannya, penelitian yang diterbitkan pada Selasa (18/4/2023) lalu di Nature Communications ini, adalah yang pertama mempertimbangkan peran radiasi UV pada potensi kelayakhunian planet. Untuk melakukan penelitian tersebut, tim peneliti yang dipimpin oleh astronom Anna Shapiro mereplikasi dunia mirip Bumi yang berbeda, yang mengorbit bintang mirip matahari dan menyesuaikan parameter yang akan memengaruhi radiasi UV.

Mereka menemukan bahwa bintang yang kaya logam memancarkan radiasi UV yang lebih sedikit daripada bintang dengan sedikit logam. Ini menghasilkan planet dengan lapisan ozon yang lebih lemah dan dengan demikian paparan UV yang paradoks lebih besar.

"Oleh karena itu, planet di zona layak huni bintang dengan metalitas rendah adalah target terbaik untuk mencari kehidupan kompleks di darat," kata penelitian itu.

Dalam berita alien lainnya, seorang yang memproklamirkan dirinya sebagai penjelajah waktu mengatakan bahwa pada Maret 2023 lalu ada makhluk luar angkasa yang 'tidak bersahabat' datang ke Bumi. Sementara itu, pada Desember 2022 lalu, Nicolas Cage menyebut bahwa semasa kecil dia meyakini dirinya seorang alien gara-gara perkataan ayahnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement